Home Sigi

Banjir Oloboju, Lima KK Mengungsi

57
ILUSTRASI - Banjir. (Foto: Istimewa)

Sigi, Metrosulawesi.id – Sebanyak lima kepala keluarga (KK) terdiri dari 19 jiwa warga Desa Oloboju, Kecamatan Sigi Biromaru mengungsi di rumah keluarganya, akibat terdampak banjir pada Selasa, 8 September 2020 malam.

Demikian dikatakan Kepala Bidang (Kabid) Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sigi, Ahmad Yani melalui keterangan tertulisnya, Selasa, 8 September 2020 malam.

Dijelaskannya, banjir yang menyebabkan empat rumah warga rusak itu, disebabkan oleh drainase yang tidak mampu menampung air hujan yang begitu besar. Akibatnya air meluap serta menghantam rumah yang dilalui.

“Saat ini kondisi air sudah surut. Walaupun demikian warga diminta agar tetap waspada,” katanya.

Lanjut Yani, pihaknya berencana akan berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan (DPUP) serta BPBD SIgi. “Koordinasi dengan Dinsos untuk membuka dapur umum, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan untuk mengerahkan alat berat, sedangkan BPBD Sigi untuk pembangunan tenda,” jelasnya.

Untuk penanganan warga desa terdampak banjir, katanya, diupayakan semaksimal mungkin, dimana Dinas Kesehatan (Dinkes) akan melakukan pendataan bagi korban sakit, serta pembersihan lingkungan.

“Pemerintah Desa Oloboju agar membuat laporan berapa jumlah warga yang terdampak banjir yang ditujukan kepada BPBD dan Dinsos Sigi. Hal tersebut sebagai dasar atau acuan penyerahan bantuan,” tuturnya.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas