Faridah Lamarauna. (Foto: Dok)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Diskominfo) Provinsi Sulteng, Hj Faridah Lamarauna, mengajak masyarakat menyukseskan pelaksanaan pendataan ke lapangan sensus penduduk tahun 2020.

“Terima kedatangan petugas dan verifikasi data keluarga kita sesuai petunjuk dari petugas,” ucap Faridah, Selasa, 8 September 2020.

Dia mengatakan pelaksanaan pendataan ke lapangan (rumah warga) berlangsung selama 30 hari mulai 1 sampai 30 September mendatang. Faridah mengingatkan petugas tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Sebelumnya, Diskominfo Provinsi Sulteng telah menyatakan komitmennya untuk mendukung suksesnya pelaksanaan sensus penduduk di daerahnya. Hal itu disampaikan Kepala Diskominfo Provinsi Sulteng, Faridah saat menerima tim teknis Badan Pusat Statistik (BPS) Sulteng dipimpin Mohammad Fadlian Syah, pada pertengahan Februari 2020.

Kedatangan tim teknis tersebut untuk memberikan bimbingan kepada ASN PNS dan non-PNS di lingkungan Diskominfo. Bimbingan yang diberikan saat itu tentang hal-hal yang berhubungan dengan sensus penduduk secara online dan teknis tata cara pengisian data kependudukan melalui aplikasi.

“Melalui pendampingan ini, Diskominfo Provinsi Sulteng bersama-sama dengan perangkat daerah lainnya siap menyukseskan sensus penduduk tahun 2020,” ujar Faridah.

Dia menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada tim BPS yang melakukan bimbingan teknis kepada perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dengan mengawalinya di Diskominfo Sulteng.

 Wujud dukungan nyata Diskominfo Provinsi Sulteng dalam menyukseskan Sensus Penduduk (SP) tahun 2020 terbukti. Itu dibuktikan melalui keterpanggilan semua ASN Diskominfo Sulteng yang sudah melakukan pengisian SP 2020 secara online.

“Sejak 6 Maret seluruh ASN Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik  Provinsi Sulteng sudah mengisi dan mengupdate data masing-masing melalui aplikasi sensus.bps.go.id,” ungkap Faridah, Selasa, 10 Maret 2020.

SP online melalui aplikasi di sensus.bps.go.id sudah dimulakan sejak 15 Februari 2020 dan akan berakhir pada 31 Maret 2020. Untuk Provinsi Sulawesi Tengah sendiri ditargetkan tingkat partisipasi masyarakat dalam sensus secara on line sebesar 19%. Farida mengatakan sejak SP 2020 online dimulakan, jajaran Diskominfo langsung bergerak cepat sebagai respon sesuai arahan Gubernur Sulteng dengan melakukan sosialisasi kepada seluruh ASN di lingkungan Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik  Provinsi Sulteng.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas