Home Parigi Moutong

Diterjang Banjir, 45 KK Desa Bambalemo Mengungsi

68
Akibat diterjang banjir sedikitnya 45 KK di Desa Bambalemo, Kecamatan Parigi, Parimo, terpaksa diungsikan di Gedung Sekolah Madrasyah Ibtidaiyah, Senin (8/9/2020). (Foto: Metrosulawesi/ Zulfikar)

Parimo, Metrosulawesi.id – Sedikitnya 45 Kepala Keluarga (KK) di Desa Bambalemo, Kecamatan Parigi, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, memilih mengungsi, Senin (8/9/2020) malam.

Warga terpaksa diungsikan ke  gedung sekolah dan rumah-rumah warga yang aman, lantaran banjir merendam rumah-rumah warga yang ada di Dusun Satu dan Dusun Dua,   Desa Bambalemo.

Hujan yang menguyur sejak Senin petang, mengakinatkan luapan air masuk ke rumah-rumah warga. Lantaran kuatir banjir semakin besar, aparat desa meminta warganya untuk segera mengungsi, sekitar pukul 20.30 Wita.

Akibat diterjang banjir, 40 rumah terendam yang berada di Dusun Dua, sedang di Dusun Satu tercatat lima rumah.  

Gedung Sekolah Madrasyah Ibtidaiyah oleh piohak aparat desa dijadikan tempat pengungsian, Selain Gedung sekolah, sebagian warga juga diungsikan di rumah-rumah keluarga lainnya yang tidak terendam banjir.

Kepada Desa Bambalemo, irfan Adnan, menuturkan, pihaknya terpaksa mengungsikan warganya lantaran air terus merendam rumah-rumah warga.

‘’Banjir ini datang sekitar Jam 20.00 Wita, dan merendam puluhan tumah warga, terutama di Dusun Satu dan Dua. Tercatat ada 45 KK yang kami ungsikan ke Gedung sekolah dan rumah warga lainnya yang tidak terkena banjir,’’ ujar Irfan kepada Metrosulawesi.,id.

Dikatakan Irfan, warga yang terdampak banjir diungsikan sebanyak 40 KK di  Gedung Madrasah Ibtidaiyah Desa Bambalemo dan 5 KK mengunsi di rumah keluarga masing-masing.

Dari Pantauan Metrosulawesi.id di lokasi banjir, selain merendam rumah-rumah warga, satu rumah warga terbawa arus sungai. Sedang akses menuju  Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Parigi putus. 

Hingga Selasa (9/9/2020) dini hari, warga Desa  Bambalemo dan sekitarnya tetap waspada, karena kondisi cuaca saat ini masih menghawatirkan. Tidak ada korban jiwa yang dilaporkan akibat banjir yang melanda Desa Bambalemo.  (*)

Reporter: Zulfikar

Ayo tulis komentar cerdas