Home Palu

Seleksi Secara Daring, Diikuti 170 Peserta

56
SAMBUTAN - Kakanwil Kemenag Sulteng, H. Rusman Langke, saat menyampaikan sambutan di kegiatan sosialisasi Petunjuk Teknis Seleksi Kompetensi Bidang CPNS Tahun 2019, di Aula Kanwil Kemenag Sulteng, Rabu, 2 September 2020. (Foto: Humas Kemenag Sulteng)
  • Sosialisasi Juknis SKB CPNS

Palu, Metrosulawesi.id – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tengah menggelar Sosialisasi Petunjuk Teknis Seleksi Kompetensi Bidang CPNS Tahun 2020, di Aula Kanwil Kemenag Sulteng, Rabu, 2 September 2020.

Kakanwil Kemenag Sulteng, H. Rusman Langke, mengungkapkan, sebanyak 96 CPNS dari provinsi Sulteng akan maju mengikuti SKB, olehnya itu diharapkan kepada Kasubag Kepagawaian untuk persiapkan secara matang tahapan-tahapan seleksi ini. Karena rekruitmen CPNS di saat ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Di masa pandemi ini peran serta Informasi Teknologi (IT) secara online sangat dominan dalam pelaksanaan uji kompetensi bidang bagi CPNS di Sulteng. Kita harus bersyukur karena sekian tahun kita tidak menerima CPNS, tetapi alhamdulillah di tahun terakhir ini kita telah menerima,” ujarnya.

Perlu dikatahui, kata Rusman, di tahun kemarin, sekitar 195 CPNS diterima dan disebar ke satker, dimana sebagian besar adalah tenaga-tenaga pendidik dan kependidikan.

“Tahun ini kita mendapat formasi sebanyak 33 orang, tentunya ke depan memang harus ada kaderisasi dan regenerasi di kubu Kementerian Agama, apalagi di saat-saat ini sudah banyak yang purnabakti, sekitar ratusan saya tanda tangan SK pensiun, jadi memang kita sangat membutuhkan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Subbagian Kepegawaian Kemenag Sulteng, Mohammad Djamil, mengatakan, di masa pandemi Covid-19 ini petunjuk teknis SKB CPNS sedikit khusus. Olehnya itu perlu disosialisasikan kepada seluruh Kemenag kabupaten/kota sehingga secara teknis pelaksanaannya tidak akan bias.

“Proses ujian SKB CPNS kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, untuk kali ini ujianya semua full daring (online). Jadi ada 96 peserta se-Sulteng mengikuti SKB ini, tetapi ada juga peserta dari provinsi lain, namun tempat seleksinya jatuh di Sulteng, sehingga jumlah total keseluruhan yang ikuti ujian SKB itu 170 peserta,” jelasnya.

Kata Djamil, untuk pelaksanaan SKB CPNS dilaksanakan tiga tahapan, pertama adalah ujian praktik dimulai 14-17 September 2020, berikutnya ujian psikotes 18 September, dilanjutkan ujian wawancara 19-20 September.

“Pelaksanaan SKB ini sebagian besar di 12 kabupaten/kota selain Buol, hampir semua di Kantor Kemenag kabupaten/kota, tetapi khusus di Bangkep karena sarana prasarananya belum ada maka mereka laksanakan di KUA. Begitu pun di Palu dilaksanakan di MAN 2 Palu,” ujarnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas