Home Hukum & Kriminal

Satgas Tinombala Tangkap Simpatisan DPO Poso

51
Irjen Abdul Rakhman Baso. (Foto : Metrosulawesi/ Djunaedi)

Palu, Metrosulawesi.id – Satuan Tugas (Satgas) Oprasi Tinombala Polda Sulteng bersama Densus 88 AT satgaswil Sulteng, BIN dan TNI, Selasa 1 September 2020, mengamankan seorang pria warga Kayamanya, Kecamatan Poso Kota, Kabupaten Poso, terkait dugaan kasus tindak pidana terorisme.

Kapolda Sulteng Irjen Pol. Drs. Abdul Rakhman Baso, SH, kepada sejumlah awak media Rabu 2 September 2020, mengatakan, UY alias MY diamankan terkait dengan perannya yang diduga aktif di lapangan dan diduga terkait dengan kelompok MIT Poso.

Saat ini terduga UY, masih menjalani pemeriksaan oleh Densus 88 AT dan Polda Sulteng.

“Terduga ini merupakan simpatisan, namun terduga juga berperan aktif di lapangan dan diduga terkait dengan kelompok MIT Poso,” ungkapnya.

“Penangkapan tersebut merupakan upaya yang panjang selama kepemimpinan Kapolda Sulteng seblumnya, yakni Irjen Pol. Drs. Syafril Nursal, dan ini merupakan hadiah buat saya yang baru menjabat sebagai Kapolda Sulteng,” tambahnya.

Kapolda juga meminta kepada semua kelompok sipil bersenjata yang ada, yang sudah masuk dalam DPO, agar mau menyerahkan diri dan dilakukan penegakan hukum.

“Saya juga mengimbau kepada para DPO agar segeralah menyerahkan diri, bila tidak, kami akan tetap melakukan penegakan hukum dengan tindakan tegas terukur,” tegasnya.

Kapolda mengatakan, dalam Operasi Tinombala tidak hanya berbicara penegakan hukum saja, akan tetapi juga bagaimana memberdayakan masyarakat Poso itu sendiri. Disinilah diperlukan tindakan komprehensif yang melibatkan seluruh stakeholder terkait utamanya dari kementrian dan lembaga.

“Mari kita bersama berbuat yang terbaik untuk kedamaian poso, dan Sulawesi Tengah kahusunya,” tutupnya.

Reporter: Djunaedi
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas