Home Politik

KPU Sigi Terapkan Prokes Pada Pendaftaran Bapaslon

60
Ketua KPU Sigi, Hairil. (Foto: Istimewa)

Sigi, Metrosulawesi.id Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sigi, pastikan  menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 dalam pelaksanaan tahapan pendaftran bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Sigi Tahun 2020, yang dimulai  4 – 6 September 2020.

Penerapan prokes Covid-19 selama tahapan pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati Sigi,  sesuai ketentuan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 6 Tahun 2020 tentang pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota serentak, serta  PKPU Nomor 10 Tahun 2020 tentang perubahan atas PKPU Nomor 6 Tahun 2020 tentang pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota serentak.

Ketua  KPU Sigi, Hairil, dalam release yang diterima Metrosulawesi.id,  menyatakan, sesuai dengan regulasi PKPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang tahapan, program dan jadwal pelaksanaan Pilkada tahun 2020, pelaksanaan pendaftaran Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Sigi  dilaksanakan mulai  4 September sampai dengan  6 September 2020/ Pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati bertempat di Kantor KPU  Sigi.

“Hal ini juga telah kami bicarakan dengan beberapa pihak khususnya Satuan Tugas Covid-19 Kabupaten Sigi. Olehnya itu,  kepada Partai Politik dan juga Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan mendaftar, untuk tidak membawa pendukung yang terlalu banyak karena KPU Sigi hanya  memberikan kesempatan kepada Bakal Pasangan Calon beserta Partai Politik yang memberikan Rekomendasi saja yang dapat masuk dalam Kantor KPU Sigi,” jelas Hairil.

Menurutnya, hal ini juga sesuai dengan regulasi yang diatur dalam Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2020 serta PKPU Nomor 10 Tahun 2020 tentang pelaksanaan Pilkada serentak lanjutan dalam kondisi bencana non alam Covid-19. Dimana dalam proses pelaksanaannya ada pembatasan jumlah peserta yang disesuaikan dengan kapasitas di Kantor KPU Sigi.

“Untuk memberikan informasi tentang pelaksanaan pendaftaran di Kantor KPU Sigi, kami juga akan memanfaatkan teknologi informasi dengan melakukan proses siaran langsung melalui aplikasi Facebook PPID di http://www.facebook.com/ppidkpu.kabupatensigi, yang nantinya dapat disaksikan langsung  para pendukung tanpa harus datang ke Kantor KPU Sigi serta juga bagi pemantau pemilihan, media dan masyarakat dari kediaman masing-masing,” ujarnya.

Ia berharap, kiranya proses pelaksanaan pendaftaran hingga penetapan dan pengundian nomor urut dapat berjalan lancar, aman dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. (*)

Reporter: Ariston Aporema Sorisi

Ayo tulis komentar cerdas