Home Poso

Dataran Lore Disiapkan Jadi Sentra Kopi

Kadis Pertanian Poso, Suratno SP MSi. (Foto: Metrosulawesi/ Saiful Sulayapi)

Poso, Metrosulawesi.id – Tak henti-hentinya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Poso terus memacu dan meningkatkan dalam pembangunan, beberapa sektor yang digalang, salah-satunya sektor di bidang ekonomi dan pertanian.

Setelah sukses Pemkab Poso menjadikan dataran Lore menjadi lumbung bawang putih di Indonesia. Kini giliran Pemkab Poso melirik kawasan itu menjadi pengembangan perkebunan kopi sebagai sentra penghasil kopi di Sulteng.

Realisasi pengembangan sentra penghasil kopi tersebut, ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan Sentra Kopi pertama di Kabupaten Poso dan di Sulteng, oleh Bupati Poso Darmin Sigilipu, Desa Banyusari Kecamatan Lore Utara pekan lalu.

Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Pertanian Poso Suratno SP, kepada wartawan Rabu 2 September 2020 menjelaskan,  Kabupaten Poso terus digenjot menjadi daerah yang maju terutama dalam  pembangunan, hal ini menurut Suratno sebagaimana penegasan  Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilipu, untuk menjadikan daerah ini  sebagai pusat ekonomi dan pertanian menjadi prioritas pembangunan yang tersebar diberbagai wilayah ini.

Tentu semua itu harus ditunjang kondisi alam.

“Dengan menitikberatkan pada potensi keunggulan lokal sesuai dengan iklim, alam dan kondisi lahan yang dimiliki,” kata Suratno.

Menurutnya, selain meningkatkan nilai ekonomi, tentunya sentra ekonomi yang baru ini berfungsi juga untuk membuka lapangan kerja yang seluas-luasnya, sehingga kesejahteraan akan meningkat.

“Ini juga merupakan bagian dari program pemerataan pembangunan, sehingga kondisi Damai, Adil dan Sejahterah bisa kita wujudkan,” ungkapnya menjelaskan.

Mantan Kepala Bapelitbangda Poso ini berharap, dukungan doa dan kerjasama kita semua untuk bergandengan tangan dalam meneruskan pembangunan yang sudah kita rintis bersama.  Terpenting kata  Suratno, kedepan Kabupaten Poso akan semakin berjaya dimasa yang akan datang, bisa menjadi daerah yang maju.

Reporter: Saiful Sulayapi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas