SELAMAT SAMPAI TUJUAN - Gubernur H Longki Djanggola didampingi sejumlah pejabat melambaikan tangan saat pelepasan mudik gratis di Jalan Sam Ratulangi Palu, pada Juni 2018 lalu. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)

Palu, Metrosulawesi.id – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sulteng memastikan mudik gratis dalam rangka Hari Raya Natal dan Tahun Baru ikut ditiadakan dampak pengalihan anggaran untuk penanganan virus corona (Covid-19) di daerah ini.

“Anggaran untuk mudik gratis lebaran dan natal sudah ditarik untuk penanganan Covid-19,” ungkap Staf Bidang Angkutan Jalan, Keselamatan dan Perkeretaapian Dishub Sulteng, Yasir, mewakili Kepala Bidang, Sumarno di Palu, Selasa, 1 September 2020.

Diketahui, mudik gratis lebaran juga ditiadakan tahun ini, salah satunya untuk memutus matarantai Covid-19. Program mudik gratis untuk 2020 sebelumnya telah diprogramkan Dishub Sulteng dalam perayaan Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Natal dengan anggaran sekitar Rp170 juta. Namun pandemi virus corona mengharuskan Pemprov Sulteng melakukan recofusing anggaran.

Yasir menyebut anggaran Dishub Provinsi Sulteng dialihkan sekitar Rp7 miliar dengan pemotongan dua tahap. Awalnya Dishub Sulteng optimis hanya mudik gratis lebaran yang ditiadakan.

“Sebenarnya sempat ada harapan mudik gratis natal bisa diadakan, tapi karena Covid masih lanjut terpaksa dipotong lagi anggaran Dishub,” ucap Yasir.

Dishub dikatakan tidak bisa berbuat banyak karena pengalihan anggaran suatu keharusan untuk difokuskan menangani dampak Covid-19. Masyarakat diyakini akan memahami ditiadakannya mudik gratis natal.

“Masyarakat sepertinya sudah paham karena sampai saat ini tidak ada yang datang untuk menanyakan mudik gratis,” pungkas Yasir.

Pada 2019, mudik gratis Dishub Provinsi Sulteng menyiapkan puluhan bus dengan total kuota 400 sampai 500 orang. Tujuan mudik gratis saat itu yakni Palu-Banggai Laut, Palu-Banggai Kepulauan, dan Palu-Moutong, Palu-Poso, Palu-Tentena, Palu-Tojo Unauna, Palu-Banggai, Palu-Morowali, Palu-Morowali Utara, Palu-Tolitoli, dan Palu-Buol.

Rute baru yang dibuka Dishub Sulteng yakni Kota Palu menuju Kota Raya, Kabupaten Parigi Moutong. Kemudian rute penyebrangan dari Luwuk, Kabupaten Banggai menuju Kabupaten Banggai Laut dan Pulau Salakan, Kabupaten Banggai Kepulauan. Bidang Angkutan Jalan, Keselamatan dan Perkeretaapian Dishub Sulteng, Sumarno, mengungkapkan program mudik gratis cukup diminati masyarakat. Ini terbukti dari animo masyarakat mendaftarkan diri hari pertama pembukaan pendaftaran mudik gratis di Kantor Dishub Sulteng Jalan Kartini Palu, Senin, 9 Desember 2019. Pendaftar mudik gratis hari pertama sekitar 100 orang didominasi tujuan Luwuk Banggai.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas