Home Sulteng

Ibadah Haji 2021, Prioritas Jemaah Tertunda

65
Lutfi Yunus. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Kabid Haji dan Umrah Kemenag Sulteng, H Lutfi Yunus menyebutkan bahwa pelaksanaan ibadah haji 2021 tetap memprioritaskan yang tertunda 2020.

“Pemerintah akan prioritaskan jamaah haji yang tertunda dan akan mendapat hak pada 2021/tidak ada penggantian,” ungkap Lutfi di Palu, Selasa (1/9).

Lutfi menambahkan, terkait dengan pelaksanaan ibadah haji tersebut pihaknya akan senantiasa memberikan pelatihan manasik haji ke para calon jamaah haji, agar saat pelaksanaan nanti jamaah sudah siap bukan hanya dari segi fisiknya.

“Semoga pelaksanaan ibadah haji 2021 dapat terlaksana lancar dan sebaik-baiknya,” ucapnya.

Seperti diketahui, 2020 pelaksanaan ibadah haji tertunda karena kasus korona, meski pemerintah pusat telah mempersiapkan beberapa opsi terkait pelaksanaan haji, yakni ibadah haji dilaksanakan secara normal karena saat itu wabah corona tak dapat diprediksi, dan pemerintah Arab Saudi masih menerima kontrak terkait ibadah haji tapi tidak dengan pembayaran.

“Opsi kedua, ibadah haji dilakukan dengan pembatasan kuota, tapi akhirnya Arab Saudi menutup akses pelaksanaan ibadah haji karena meningkatnya kasus Covid-19,” jelas Lutfi.

Menurut Lutfi, tertundanya pemberangkatan jamaah calon haji Indonesia tahun 2020, merupakan kesempatan yang harus dimanfaatkan oleh JCH untuk pemantapan manasik haji, sebagaimana tujuan penyelenggaraan haji termaktub dalam pasal 3 ayat 1 dan 2 UUD No. 8 2019 tentang penyelenggaraan haji dan umrah, untuk peningkatan pembinaan, layanan dan perlindungan jamaah serta kemandirian dan ketahanan jamaah.

Reporter: Masruhim Parukkai
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas