Home Politik

Bawaslu Proses Laporan Ilyas-Uhut

70
WAWANCARA - Ketua Bawaslu Sigi, Steny Marini Pettalolo dan Ketua KPU Sigi Hairil diwawancara wartawan, Senin 31 Agustus 2020. (Foto: Metrosulawesi/ Ariston Aporema Sorisi)

Sigi, Metrosulawesi.id – Ketua Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sigi, Steny Marini Pettalolo mengungkapkan, saat ini pihaknya masih memproses permohonan yang dilaporkan bakal pasangan calon (bapaslon) perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Sigi, Ilyas Nawawi dan Uhut Hutapea terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sigi.

“Saat ini masih dalam tahap kelengkapan administrasi yang harus dipenuhi oleh Bapaslon,” ujar Steny ditemui wartawan usai silahturhmi bersama Kapolres Sigi di Mapolres Sigi, Senin, 31 Agustus 2020.

Kata Steny, bila kelengkapan administrasi itu dipenuhi, maka pihaknya akan menggelar sidang tertutup secara internal, dan apa yang dihasilkan dalam rapat tersebut, akan dibuatkan tembusan ke KPU Sigi.

“Jika belum memenuhi unsur, maka dengan sendirinya laporan bapaslon terhadap terlapor KPU Sigi batal dengan sendirinya,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Ketua KPU Sigi Hairil mengatakan, pihaknya tinggal menunggu apa yang diputuskan oleh Bawaslu Sigi, dan KPU Sigi dalam hal tersebut sudah bekerja sesuai dengan ketentuan perundang- undangan.

“Dalam hal ini kita menunggu saja, sebab apa yang diputuskan dalam rekapitulasi Verfak sudah sesuai aturan yang ada,” tuturnya.

Diketahui, Bapaslon perseorangan, Bupati Sigi Ilyas Nawawi dan Wakilnya Uhut Hutapea, dinyatakan tidak bisa mengikuti tahapan selanjutnya di Pilkada Sigi tahun 2020, karena jumlah dukungannya yang memenuhi syarat hanya 12.271 pendukung dan tidak memenuhi syarat jumlah minimal dukungan sesuai Keputusan KPU Kabupaten Sigi Nomor 136/PL.02-Kpt/7210/KPU-Kab/X/2019, yang menetapkan jumlah syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan yaitu sebanyak 16.411 dukungan dengan sebaran pada 8 kecamatan dari 15 kecamatan di wilayah Kabupaten Sigi.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas