Home Hukum & Kriminal

Polres Sigi Bongkar Praktik Culas Gas 3 Kg

63
KONFERENSI PERS - Kapolres Sigi, AKBP Yoga Priyahutama saat konferensi pers di halaman Mako Polres, Senin, 31 Agustus 2020. (Foto: Metrosulawesi/ Ariston Aporema Sorisi)

Sigi, Metrosulawesi.id – Satuan Reskrim (Satreskrim) Polres Sigi berhasil mengungkap praktik penyelewengan peredaran gas bersubsidi tiga kilogram ilegal di wilayah itu.

Dalam kasus dugaan tindak pidana elpiji tanpa izin tersebut, polisi berhasil mengamankan sebanyak 115 tabung elpiji ukuran tiga kilogram berisi dengan satu unit mobil Isuzu Panter milik terduga pelaku inisial AP.

“Terduga pelaku membeli gas tersebut dengan jumlah sedikit di beberapa tempat dengan harga 20 ribu, lalu dikumpulkan, kemudian dijual kembali dengan harga 30 ribu sampai 35 ribu di wilayah Sigi sampai luar Sigi,” kata Kapolres Sigi, AKBP Yoga Priyahutama saat konferensi pers di halaman Mako Polres, Senin, 31 Agustus 2020.

Rencananya, elpiji bersubsidi itu akan di bawa ke Kecamatan Marawola dan Kecamatan Lore Utara Kabupaten Poso. Sedangkan asal muasalnya diketahui dari beberapa pangkalan gas elpiji diwilayah Kabupaten Sigi.

Kronologis kejadian, pada 15 Agustus 2020 dilakukan pembuntutan terhadap AP oleh Satreskrim Polres Sigi kemudian dilakukan penangkapan di Jalan Lapatta Desa Kalukubula, Kecamatan Sigi Biromaru.

“AP tidak bisa menunjukkan izin pengangkutan dan izin dibidang perdagangan yang diberikan oleh pihak yang berwenang, sehingga pelaku dan barang bukti diamankan di Polres Sigi untuk dilakukan penyidikan lebih lajut,” tutur Kapolres.

Pasal yang disangkakan, pasal 106 juncto pasal 24 ayat 1 undang-undang no 7 tahun 2014 tentang perdagangan.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas