Home Ekonomi

Mega Syariah Layani Pembayaran UKT Mahasiswa IAIN

87
Beberapa mahasiswa IAIN Palu sedang melakukan transaksi pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) di Bank Mega Syariah Cabang Palu Jalan Jenderal Sudirman. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – Dalam menjaga sinergitas dengan dunia pendidikan, PT Bank Mega Syariah Cabang Palu melayani pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu.

Branch Manager PT Bank Mega Syariah Cabang Palu, Haga Kaporina menjelaskan pembayaran ini dimulai sejak tanggal 25 sampai dengan 31 Agustus mendatang. Namun, pihaknya tidak menutup kemungkinan membuka kembali pelayanan sesuai dengan kebijakan kampus.

“Tetap kita layani tinggal menyesuaikan jadwal dari pihak kampus IAIN Palu. Mau sampai kapan pun batasannya kami tetap terima. Semoga ini bisa membantu selesaikan kebutuhan kampus,” jelasnya, Kamis (27/8/2020).

Sementara itu, ia menyebutkan jumlah keseluruhan mahasiswa adalah sebanyak 4.000_an lebih yang melakukan pembayaran.  Sedangkan, dalam sehari sedikitnya kurang lebih ada sekitar 400 hingga 500 mahasiswa yang datang di kantor Bank Mega Syariah Cabang Palu Jalan Jenderal Sudirman.

“Setahun mereka ada dua kali pembayaran yaitu Januari – Februar untuk semester awal kita sudah bantu tahap pertama. Dan ini merupakan pertengahan semester yang ke dua. Nominal sangat bervariasi ada yang Rp1 juta dan biasanya sampai Rp1.150.000 per mahasiswa,”ungkapnya.

Pembayaran pendidikan tersebut, kata dia, dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, diantaranya melalui teller di kantor cabang Bank Mega Syariah, melalui mesin EDC Bank Mega Syariah dan juga melalui ATM, baik jaringan ATM Bersama maupun jaringan ATM Prima.

“Sehingga ini memudahkan juga untuk pihak kampus karena dapat memonitor pembayaran mahasiswanya. Transaksi yang dapat dilayani mulai pembayaran SPP, pendaftaran mahasiswa baru dan pembelian formulir mahasiswa baru,” katanya.

Menurutnya, sudah ada setengah yang telah diakomodir oleh pihak Bank Mega Syariah Cabang Palu. Disamping itu, ada pula pemotongan Uang Kuliah Tunggal (UKT) sebesar 30% Mahasiswa IAIN Palu yang terdampak covid-19 dan bisa langsung dicek saat membayar.

“Sebenarnya potongan UKT memang langsung terkonek dengan kita terkait tagihan berapa yang dapat itu, tapi semua ketentuan dari pihak IAIN,” ujarnya.

Sementara pada Hari Ulang Tahun (HUT) PT Bank Mega Syariah yang ke 16 diluncurkan program Ignite To Syariah Digital Life atau sebuah layanan yang berbasis secara digitalisasi.

“Diharapkan adanya program ini masyarakat dapat beralih ke era perbankan digital. Kita juga nantinya akan terus sosialisasikan kepada masyarakat,” tuturnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas