Home Ekonomi

Ekspor Bawang Goreng Sulteng Terkendala Bahan Baku

72
Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulteng, Ida Nursanti. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – Dinas Perindustrian dan Perdangan Provinsi Sulawesi Tengah menyebutkan tingkat pengiriman untuk ekspor bawang merah goreng di Sulteng saat ini masih terkendala bahan baku.

Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulteng, Ida Nursanti mengatakan daerah ini belum dapat mengekspor karena banyak kendala yang dihadapi oleh Industri Kecil Menengah (IKM) salah satunya ialah masalah bahan baku.

“Jika kita bicara ekspor harus dimulai dari hulu atau dalam hal ini banyak OPD terkait dapat dilibatkan guna pengembangan produksi ekspor di Sulteng,” katanya kepada Metrosulawesi, Kamis (27/8/2020).

Menurutnya, untuk bawang merah goreng belum bisa dikatakan mampu memenuhi pasar ekspor. Sebab, lanjut dia, kebutuhan terutama bahan baku terhadap pasar daerah masih sangat sedikit.

“Sulawesi Tengah dulu belum ada pengiriman yang secara langsung melalui kontainer maupun kapal, itu kemarin tapi sekarang sudah ada pihak yang siap membantu. Tinggal kita penuhi saja permintaan pasar luar,” ujarnya.

Selanjutnya, pihaknya pada tanggal 3 September mendatang akan dilaksanakan kegiatan pengembangan komoditi berpotensi ekspor. Ia mengungkapkan perlu pembenahan di berbagai sektor sehingga komoditi unggulan wilayah ini dapat dipromosi.

“Intinya kita harus siap dulu baru promosi jika bersaing di pasar luar negeri. Karna permintaan mereka kita tidak tahu berapa banyak yang dibutuhkan. Pasalnya, produk Sulteng masih tingkat ole-ole,” ujarnya menambahkan 

Diungkapkan, agar semua bisa saling bersinergi dan mendukung satu sama lain untuk meningkatkan pasar nasional maupun mancanegara. Diharapkan agar ke depan percepatan ekspor untuk Sulteng segera direalisasikan.

“Sementara Pemda lagi membuat tim  untuk percepatan ekspor dan itu masih disusun para pengurusnya. Kalau kita  Disperindag hanya menerima produk jadi dari IKM dan UKM untuk dipasarkan,” ungkapnya.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari media Antara, Selasa 25 Agusutus 2020, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto melepas ekspor perdana bawang merah goreng sebanyak satu kontainer yang berisi 20 ton milik PT Inti Sumber Citra Rasa ke Malaysia dari Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas