Home Palu

IAIN Palu Target Terima 2.000 Maba

26
Prof Dr H Sagaf S Pettalongi. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)
  • Mahasiswa Miskin dan Berprestasi Bisa Dapat Beasiswa

Palu, Metrosulawesi.id – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Prof. Dr. Sagaf S. Pettalongi, mengungkapkan, penerimaan mahasiswa baru tahun ini seperti biasa, dibagi menjadi tiga jalur yakni SPAN, UMPTKIN, dan jalur Mandiri. Masing-masing jalur sudah diatur kuotanya.

“Untuk total keseluruhannya yang kita terima paling tidak ditargetkan sebanyak 2.000 mahasiswa baru, hal ini sesuai dengan daya tampung kampus kami,” jelas Sagaf, saat dihubungi Metro Sulawesi, Selasa, 25 Agustus 2020.

Sagaf mengatakan, belum lama ini telah diumumkan mahasiswa baru yang lolos di jalur UMPTKIN, yang masuk perguruan tinggi keagamaan Islam negeri saat ini sedang proses registrasi ulang.

“Terkait dengan program beasiswa, IAIN Palu itu tiap tahunnya mempunyai jatah beasiswa, dan mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa itu persyaratan utamanya adalah dari keluarga tidak mampu, dan memiliki prestasi nilai IPK-nya minimal 3,00, baik itu Bidikmisi maupun beasiswa yang lain,” ujarnya.

Menurut Sagaf, yang didahulukan mendapatkan beasiswa itu mahasiswa yang ekonomi lemah, dengan melampirkan bukti-bukti valid, kemudian yang paling tinggi IPK-nya.

“Tahun ini ada dari Bidikmisi sekitar 200 orang, yang lainnya itu masih tetap, dan beasiswa kita di IAIN Palu ini macam-macam, selain bidikmisi ada jalur berprestasi, kemudian jalur khusus untuk studi keislaman, serta ada juga beasiswa dari Baznas dan beasiswa Hafidz Quran,” katanya.

Sagaf mengatakan, tahun ini sesuai dengan SKB Tiga Menteri bahwa pembelajaran masih dilakukan secara daring.

“Jadi tentunya mahasiswa harus menyiapkan diri untuk mengikuti model pembelajaran baru. Bagi mereka yang belum pernah mengikuti pembelajaran daring, bisa memaksimalkan diri dalam mengikuti seluruh kegiatan akademik di kampus,” jelasnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas