Home Ekonomi

16 Ekor Katombo Dijual Rp15 Ribu

61
STAND DKP - Tampak petugas DKP Provinsi Sulteng melayani pembeli ikan katombo murah dengan harga Rp15.000 per kilogram di pasar murah di Lapangan Sepak Bola Kelurahan Nunu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu, Selasa, 25 Agustus 2020. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)
  • DKP Sulteng Kembali Partisipasi di Pasar Murah

Palu, Metrosulawesi.id – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sulteng kembali berpartisipasi dalam kegiatan pasar murah di Lapangan Sepak Bola Kelurahan Nunu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu, Selasa, 25 Agustus 2020.

Pasar murah tersebut digelar oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulteng dalam rangka HUT ke-75 RI dan Tahun Baru Islam tahun 2020. Kepala Seksi Pengolahan, Pemasaran, dan Promosi Hasil Perikanan DKP Provinsi Sulteng, Zainal Abdi, menerangkan pihaknya menjual ikan Bandeng bebas duri dengan harga Rp10.000 per ekor dan ikan Katombo Rp15.000 per kilogram.

Per kilogram, ikan katombo yang dijual bisa 15 sampai 16 ekor. Harga tersebut jauh lebih murah dibanding harga pasar yaitu Rp10.000 hanya dapat 7 sampai 8 ekor Katombo. DKP juga menjajakan berbagai produk olahan ikan yakni bakso, nugget, dan pangsit ikan.

“Ikan yang kami jual hasil tangkapan nelayan kita disuplai dari PPI (Pangkalan Pendaratan Ikan) Paranggi di Parigi Moutong,” terang Zainal.

Dia mengatakan pihaknya sengaja menjual harga ikan jauh lebih murah sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat yang sedang terdampak ekonomi akibat pandemi virus corona (Covid-19). DKP Sulteng dikatakan menjual ikan dan produk olahan di pasar murah selama dua hari.

“Hari ini (kemarin) ada empat boks yang kita jual, untuk besok (hari ini) tiga boks. Tujuan kita agar masyarakat tetap bisa mengkonsumsi ikan dengan harga terjangkau,” ujar Zainal.

Zainal menambahkan selama penjualan di pasar murah, DKP menurunkan delapan orang petugas. Sementara itu, Gubernur Sulteng, H Longki Djanggola, melalui Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Bunga Elim Somba, mengharapkan pasar murah bisa dimanfaatkan warga untuk membeli kebutuhan rumah tangga dengan harga terjangkau.

“Ayo, kita manfaatkan pasar murah ini yang akan berlangsung selama dua hari dalam rangka HUT RI dan Tahun Baru Islam,” ucap Elim.

Sebelumnya, DKP juga turut berkontribusi di pasar murah dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha tahun 2020. Pasar murah tersbeut berlangsung di area Gedung Jodjokodi Convention Centre (JCC) Jalan Moh Yamin Palu, Rabu, 22 Juli 2020.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas