Home Sulteng

Pustakawan Harus Tunjukan Kinerja Terbaik

59
SAMBUTAN - Kabid Layanan Otomasi, Ahli Media, dan Kerjasama Perpustakaan, Deni Y Lagonda, saat menyampaikan sambutan di kegiatan Lomba Pemilihan Pustakawan Berprestasi tingkat provinsi, di Aula Dispusarda Sulteng, Senin, 24 Agustus 2020. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)
  • Lomba Pemilihan Pustakawan Berprestasi

Palu, Metrosulawesi.id – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusarda) Sulteng, menggelar Lomba Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik tingkat provinsi, Senin, 24 Agustus 2020.

Mewakili Kepala Dispusarda Sulteng, Kabid Layanan Otomasi, Ahli Media, dan Kerjasama Perpustakaan, Deni Y Lagonda, mengungkapkan, keberhasilan Perpustakaan sangat ditentukan oleh tersedianya Pustakawan yang berdedikasi tinggi, bekerja secara profesional, dan memiliki kompetensi, serta memberikan layanan prima terhadap Pemustaka.

“Sejalan dengan ekspektasi masyarakat terhadap perkembangan teknologi informasi yang dapat di akses kapanpun dan dimanapun seiring dengan perkembangan IT, maka peran Pustakawan pada Perpustakaan sebagai wadah penyampaian informasi perlu menggunakan berbagai program kemasan informasi dengan aneka penyajian terbaik,” kata Deni, di Aula Dispusdarda Sulteng.

Deni mengatakan, Pustakawan adalah tenaga profesional yang merupakan bagian integral dalam proses pembelajaran dimanapun dia berada, baik di sekolah, di pemerintahan, dan perguruan tinggi sebagai bagian integral.

“Sudah selayaknya para Pustakawan mendapatkan penghargaan atas karyanya, pemberian penghargaan akan mendorong Pustakawan untuk meningkatkan kinerjanya,” ujarnya.

Kata Deni, Pustakawan berprestasi merupakan aset Perpustakaan, yang dalam hal ini kaitannya dengan tata kelola Perpustakaan.

“Dengan sumber daya yang baik dalam mengelola Perpustakaan, maka Perpustakaan akan mampu memberikan pelayanan yang terbaik pula bagi masyarakat,” ungkapnya.

Menurut Deni, lomba tersebut selain sebagai wadah apresiasi terhadap para Pustakawan, juga sebagai ajang untuk saling memacu diri bagi Pustakawan untuk menunjukkan kinerja terbaiknya.

“Maka dari itu ajang ini adalah sebagai ajang motivasi diri dan juga ajang tolak ukur untuk meningkatkan prestasi bagi masing-masing Pustakawan,” katanya.

Kata dia, lomba tersebut juga sebagai salah satu wahana penting dalam upaya peningkatan sumber daya manusia, sekaligus menjadi ajang pemilihan Pustakawan berprestasi terbaik.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas