Home Ekonomi

Tepat di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, BRI Palu Serahkan Bantuan Dana Pendidikan

47
PEDULI SISWA - Pimpinan PT BRI Cabang Palu, Ekwan Darmawan saat menyerahkan secara simbolis dana bantuan pendidikan kepada salah satu siswa penerima. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – Tepat di hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 75, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI)  Persero Cabang Palu menyerahkan bantuan dana pendidikan kepada pelajar yang berprestasi. Pemberian bantuan itu sebagai bentuk kepedulian sosial terhadap masyarakat.

Pimpinan BRI Cabang Palu, Ekwan Darmawan menjelaskan penyerahan bantuan merupakan program nasional beasiswa BRI yang diperuntukan bagi 5.000 pelajar di Indonesia. Dimana secara serentak wilayah kantor BRI dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2020.

“Alhamdulillah, untuk BRI Cabang Palu mendapatkan kesempatan untuk program dana pendidikan ada 18 siswa, terdiri 8 pelajar SD, 4 pelajar SMP,  dan 4 pelajar SMA,” jelasnya, Senin 17 Agustus 2020.

Ekwan Darmawan mengatakan, bantuan beasiswa disalurkan masing-masing mendapatkan Rp.1.500.000 untuk tingkat SD. Sedangkan, untuk tingkat SMP  masing-masing mendapatkaan  Rp2.000.000. Dan tingkat SMA dengan masing-masing pelajar akan diberikan Rp2.500.000.

“Sehingga total beasiswa tersebut berjumlah Rp30.000.000. Kita harapkan dana yang diserahkan ke beberapa sekolah itu harus tepat sasaran dan diterima oleh siswa yang layak menerima. Kalau total dana bantuan seluruh Indonesia ialah Rp9,375 miliar,” tuturnya.

Bukan hanya itu, BRI juga menyalurkan dana untuk program Beasiswa Indonesia Cerdas 2019 di seluruh Indonesia yang mencakup sebanyak 3.000 mahasiswa dengan total bantuan sebesar Rp15 miliar. Dimana khusus BRI kantor Cabang Palu memberikan kepada 50 mahasiswa dan total keseluruhan dana sekitar Rp250 juta.

“Ini sebenarnya program akhir 2019, dan akan diserahkan awal 2020. Tetapi karena adanya pandemi covid 19 otomatis terhenti. Jadi momen saat ini sangat bagus karna bertepatan dengn memperingati hari kemerdekaan di bulan Agustus,” katanya.

Ia mengatakan ada tiga perguruan tinggi di Kota Palu yang mendapatkan dana bantuan tersebut. Terdiri dari Universitas Alkhairat (UNISA), Stimik Adiguna, dan Yayasan Balai Keselamatan Palu. Menurutnya, itu sesuai dengan visi bank BRI yaitu Menjadi The Most Valuable Bank di Asia Tenggara dan Home to The Best Talent atau bank yang paling bernilai di Asia Tenggara dan rumah bagi talenta-talenta terbaik.

“BRI utamakan untuk mendukung warga negara khususnya kaum milenial siswa maupun mahasiswa berprestasi akademik, non akademik dan tidak mampu,” ujarnya.

Reporter: Fikri Alihana

Ayo tulis komentar cerdas