Home Palu

Meteran Listrik Huntara Dipindahkan ke Huntap

BANGUN HUNTAP - Pekerja saat menyelesaikan pembangunan Huntap 1 di Kelurahan Tondo, Kota Palu, belum lama ini. (Foto: Metrosulawesi/ Hakir)

Palu, Metrosulawesi.id – Penyediaan Hunian Tetap (Huntap) bagi penyintas di Provinsi Sulawesi Tengah, terus dilakukan. Tercatat, saat ini  sudah ada tiga lokasi yang huntapnya siap huni, yakni di Huntap 1 Kelurahan Tondo, Duyu, di Kota Palu serta huntap di Desa Pombewe Kabupaten Sigi.  Meski sudah siap huni, sebagian huntap itu belum siap ditempati penyintas. Salah satu penyebabnya karena belum ada jaringan listrik.

Manajer Unit Layanan Pelanggan PLN Palu, Sugiono Mahmud mengatakan, untuk Huntap 1 Tondo, 986 dari rencana sebanyak 1.575 unit sudah teraliri listrik, yakni 911 unit yang dibangun yayasan Budha Tzu Chi dan 75 unit yang dibangun oleh yayasan Aha Center.

Kata Sugiono, sapaannya, saat ini masih sekitar 589 unit akan dilakukan penyambungan jaringan listrik. Untuk memenuhi kebutuhan meteran listrik itu, PLN Area Palu masih menunggu meteran listrik dari huntara yang kosong untuk dipindahkan ke huntap.

“Karena kesepakatan dari awal tidak ada biaya penyambungan (jaringan listrik, red) jadi skenarionya meteran dari huntara akan kami pindahkan untuk digunakan di Huntap,” kata Sugiono, saat dihubungi, Senin, 10 Agustus 2020.

Meski begitu, tambah Sugiono, saat ini sudah ada sekitar 200 lebih meteran listrik yang ada. Sedangkan untuk menutupi semua kebutuhan meteran listrik di huntap yang telah terbangun di Kelurahan Tondo, pihaknya masih menunggu adanya huntara yang sudah tidak ditempati.

Dia menjelaskan, meteran 200 lebih itu digunaakan untuk huntap yang siap huni, karena pihaknya masih menunggu material kabel dari Jakarta.

“Skema ini juga kami gunakan untuk Huntap di Kelurahan Duyu, saat ini di Duyu sudah ada sekitar 100 unit yang teraliri listrik, sementara sisanya masih menunggu yang dari huntara. Jadi silahkan hubungi kami jika sudah ada huntara yang kosong,” ujarnya.

Untuk Huntap di Pombewe, pihaknya juga masih menunggu informasi dari BPBD Sigi terkait huntara mana saja yang sudah bisa diambil meteran listriknya.

“Untik huntap Pombewe sendiri pembangunan jaringan listrik belum semuanya selesai seperti di Huntap 1 Tondo. Ada beberapa lokasi yang terhenti. Salah satu penyebabnya karena pandemi Covid-19 yang membuat sejumlah pekerjaan terhenti,” terangnya.

Reporter: Hakir
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas