drg Herry Mulyadi. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Plt Direktur Rumah Sakit Umum (RSU) Anutapura Palu, drg Herry Mulyadi, mengungkapkan, sesuai laporan dari Gugus Tugas Covid-19 bahwa kemarin itu ada dua orang warga Palu riwayat perjalanan dari Makassar terkonfirmasi positif.

“Jadi memang kita ini di Kota Palu masih agak sulit bersih dari Covid-19, sebab beberapa daerah tetanga kita masuk wilayah zona hitam Manado dan Makassar, dan rata-rata yang terkena Covid ini dari jalur darat, kita tidak mengetahui keesokan harinya ada lagi, olehnya itu agak sulit kita zero,” kata Herry, melalui ponselnya, belum lama ini.

Kata dia, upaya pemerintah Kota Palu dalam mencegah penularan Covid-19 ini sudah sangat luar biasa, hanya saja kesadaran masyarakat harus meningkat.

“Saya sudah berulang-ulang katakan jika tidak terlalu penting ke luar daerah jangan lakukan, sebab meskipun pemerintah sudah melakukan upaya yang maksimal, tetapi masyarakat tidak membantu tentunya sulit menuju zero,” katanya.

Menurut Herry, dalam beberapa bulan ini yang terkena Covid-19 ini semua pendatang, tidak ada satupun muncul sendirinya di Kota Palu, karena umumnya orang itu belum sempat berbaur petugas sudah tangkap.

“Jika misalnya satu orang kena kita semua akan kena, oleh sebab itu siapapun harus hadir berfikir positif  bagaimana kita tidak memperberat dan menambah beban dari pada Covid-19, jangan sampai seperti di Makassar sudah sulit ditanggulangi karena terlalu banyak,” ujarnya.

Hery sangat berharap, kesadaran masyarakat betul-betul untuk tidak melakukan perjalanan yang bisa berisiko.

“Hanya karena ada orang kawin atau lainya sudah harus keluar daerah, kecuali ada keluarga sakit keras itu mungkin masih dimaklumi, tetapi kalau hanya aqiqah, kawin, kalau bisa dihindari kecuali sama sekali harus pergi boleh saja, namun harus betul-betul menjaga diri, sebab pulangnya itu bisa berisiko memperbanyak,” ungkapnya.

Sebelumnya kata Herry, Kota Palu sempat zero namun berselang tidak lama ada dua orang warga Palu riwayat perjalanan dari Makassar dinyatakan positif Covid-19, sehingga saat ini sedang dirawat di salah satu Rumah Sakit di Palu.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas