Home Ekonomi

Dua Bulan Buka, Okupansi Hotel Santika Naik Signifikan

98
Hotel Santika Palu. (Foto: Dok. Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Selama dua bulan mulai Juni hingga Juli 2020, tingkat pengunjung atau okupansi di Hotel Santika Palu mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Hal tersebut disampaikan GM Secretary & Public Relation Hotel Santika Palu, Aprilia saat ditemui Metrosulawesi, Kamis (6/8/2020). Ia mengatakan jumlah tamu menginap naik kurang lebih sekitar 20% sampai 40%.

“Sejak merebaknya virus corona dan diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat okupansi hotel sempat terjun bebas beberapa bulan lalu. Tapi kini perlahan keterisian hotel mulai meningkat kembali,” katanya.

Menurutnya, respon sangat disambut positif oleh para tamu yang datang menginap di Hotel Santika Palu. Dalam hal ini pihaknya berupaya mendorong melakukan berbagai cara untuk meningkatkan tingkat hunian hotel agar industri pariwisata di daerah ini kembali bangkit.

“Dimana jika melihat data tingkat hunian mulai bergerak naik. Untuk meningkatkan okupansi hotel sekarang dilakukan pendekatan dengan berbagai pihak untuk bekerja sama menggelar berbagai acara sesuai protokol kesehatan normal baru produktif aman dari Covid-19,”ujarnya.

Sedangkan, ia mengakui harga kamar mulai Agustus juga mengalami kenaikan dari Rp520 menjadi Rp800 ribu. Lanjut dia guna memutus rantai penyebaran Covid 19, pihaknya juga menyiapkan layanan khusus bagi tamu maupun pengunjung yang datang ke restoran.

“Begitu pula restoran, kami juga menerapkan kebijakan khusus yaitu tamu maupun pengunjung tidak diperbolehkan mengambil sendiri, mereka hanya boleh menentukan menu makanan dan minuman. Kemudian, ada pelayan kami yang akan membantu mengambilnya. Memang sudah seperti itu dalam dengan kondisi new normal,” ucapnya.

Pihaknya berharap, kondisi semakin membaik. Sebab, selama masa pandemi sektor perhotelan sangat terdampak. Terutama, penggunaan ruang meeting dan ballroom akibat adanya physical distancing.

“Kami harap ekonomi seperti ini terus menunjukan pertumbuhan, kalau karyawan yang sempat dirumahkan untuk mengurangi beban operasional kini mulai kerja kembali,” pungkasnya.

Sementara itu, setelah lima bulan tutup akibat wabah Covid-19, Zamrud Resort and Villa Palu kembali buka.

General Manager Zamrud Resort and Villa Agung mengatakan selama tutup, sama sekali tidak ada aktivitas di hotel tersebut.

“Baru mulai buka,” kata Agung, Rabu, 5 Agustus 2020.

Untuk menggalang pelanggan, Agung bahkan turun lapangan. Beserta beberapa orang stafnya, Agung menyebarkan brosur paket dan tawaran kepada pelanggan salah satu warung kopi.

Reporter: Fikri Alihana, Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas