Home Sulteng

Belajar Penanganan Pascabencana ke NTB

30
TEMUI GUBERNUR - Pertemuan Tim Pansus Padagimo dengan Gubernur H Longki Djanggola di ruang kerja gubernur, Rabu 5 Agustus 2020. (Foto: Humas Pemprov Sulteng)
  • Pansus Padagimo Bertemu Gubernur

Palu, Metrosulawesi.id – Panitia Khusus (Pansus) Palu, Donggala, Sigi, Parigi Moutong (Padagimo) berencana melakukan studi banding di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Studi banding itu terkait percepatan pemulihan penanganan pascabencana di wilayah Padagimo.

Hal itu diungkapkan tim Pansus Padagimo saat bertemu dengan Gubernur Sulteng H Longki Djanggola di ruang kerjanya, Rabu 5 Juli 2020. Pansus bentukan DPRD Sulteng itu dipimpin Budi Luhur Larengi.

Budi mengatakan, pertemuan dengan Gubernur dalam rangka menjalankan tugas panitia khusus untuk percepatan pemulihan penanganan pascabencana Padagimo.

Kata Budi Luhur, tim yang dipimpinnya memiliki waktu kurang lebih enam bulan. Dalam waktu tersebut Pansus Padagimo telah berkunjung ke pemerintah kabupaten/kota yang terdampak bencana.

“Tugas pansus meliputi persoalan rehap rekon, persoalan pemulihan ekonomi, persoalan sosial,” terangnya.

Lebih jauh disampaikan persoalan-persoalan di lapangan yang diserap tim pansus, di antaranya ketersediaan lahan pembangunan hunian tetap (Huntap) untuk para korban dampak bencana.

Terkait itu, Budi menyampaikan bahwa dalam waktu dekat Tim Pansus akan melakukan studi banding di Provinsi NTB terkait penanganan pascabencana di sana.

Gubernur menyambut baik rencana studi banding Tim Pansus Padagimo. Gubernur berpesan kepada tim pansus agar hasil kunjungan kerja di Provinsi NTB dapat diaplikasikan di Padagimo khususnya dalam penyediaan Huntap.

Gubernur mengatakan, penanganan pascabencana Padagimo, pemerintah provinsi telah bekerja sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 28 Tahun 2018 tentang Satuan Tugas Penanggulangan Bencana di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Provinsi Sulawesi Tengah, dan Wilayah Terdampak Lainnya serta Inpres Nomor 10 Tahun 2018 tentang Percepatan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana Gempa Bumi dan Tsunami di Provinsi Sulawesi Tengah dan Wilayah Terdampak Lainnya.

Gubernur berharap para bupati/wali kota di wilayah Padagimo berkomunikasi aktif dan konsisten dengan tanggung jawab sesuai dengan komitmen awal yang telah disepakati bersama dengan pemerintah pusat.

Pertemuan itu dihadiri Sekdaprov Sulteng HM Hidayat Lamakarate, Asisten Administrasi Ekonomi dan Pembangunan Prov. Sulteng, Kepala Dinas Sosial Sulteng, Plt. Kadis Perkimtan Prov. Sulteng, Plt Kadis Kesehatan Prov. Sulteng, Sekwan Prov. Sulteng, Kepala Biro Humas Protokol. (*)

Reporter: Syahril Hantono
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas