Home Palu

Pengumuman Hasil SBMPTN 20 Agustus

36
Yutdam Mudin. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)

Palu, Metrosulawesi.id – Humas Pusat Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTPMT) Untad, Yutdam Mudin, mengungkapkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan diumumkan dalam bulan ini.

“Insyaallah, kalau tidak ada perubahan pengumuman hasil SBMPTN pada 20 Agustus 2020,” ungkap Yutdam kepada Metrosulawesi, Senin, 3 Agustus.

Dia mengatakan pengumuman akan dilakukan secara online melalui website dan akun masing-masing peserta. LTPMT Untad kata dia telah menuntaskan pelaksanaan UTBK SBMPTN, termasuk ujian tahap ke dua.

Tercatat sebanyak 13 orang pendaftar UTBK SBMPTN mengikuti ujian tahap ke dua di Untad pada Kamis, 30 Juli. Yutdam menerangkan peserta yang mengikuti ujian tahap ke dua disebabkan beberapa hal.

“Ada yang karena saat pemeriksaan di pos perbatasan tidak lolos karena suhu badang tinggi. Ada juga karena saat mau ujian tidak ada penerbangan dari Palu ke lokasi UTBK yang dipilih. Sebenarnya 14 peserta, tapi yang hadir hanya 13 orang yang berlangsung di Media Center Untad,” terangnya.

Yutdam menyebutkan sebelum pelaksanaan ujian, panitia pusat UTBK Untad, menghubungi satu persatu peserta tersebut untuk mencetak dan mengecek waktu dan lokasi pelaksanaan UTBK tahap ke dua.

Pada tahap satu, UTBK SBMPTN berlangsung sejak 5 sampai 12 Juli lalu. Peserta UTBK menggunakan 29 ruangan yang tersebar di empat lokasi yaitu 10 ruangan di Untad, 4 ruangan di SMKN 1 Palu, 9 ruangan di SMKN 2 Palu serta 6 ruangan di SMKN 3 Palu.

Per sesi UTBK diikuti 445 peserta dengan sebaran terdiri atas 170 peserta yang akan mengikuti UTBK di Untad, 60 peserta di SMKN 1 Palu, 135 peserta di SMKN 2 Palu, dan 90 di SMKN 3 Palu.

Sebelum memasuki ruang ujian, semua peserta UTBK dicek suhu tubuh oleh panitia. Dari pengecekan, semua peserta dalam kondisi suhu normal sehingga diperbolehkan mengikuti ujuan.

Panitia kata Yutdam terlebih dahulu melakukan penyemprotan disinfektan ke semua ruangan sesuai protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Peserta dan pengawas dalam mengikuti ujian diwajibkan memakai masker.

Panitia saat itu menyediakan posko pemeriksaan kesehatan Tim Satgas Covid-19 selama pelaksanaan UTBK yang berlokasi di area Untad dan area Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng untuk peserta ujian di luar area kampus.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas