Home Parigi Moutong

Pemda Parimo Gelar Lomba Memanah Ikan

30
Bupati Parimo, Samsurizal Tombolotutu. (Foto: Istimewa)

Parimo, Metrosulawesi.id – Dalam rangka menjaga tradisi dan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-75, Pemerintah Daerah Parigi Moutong menggelar lomba memanah ikan.

“Lomba panah ikan tradisional itu, merupakan lomba unik yang sudah jarang dilombakan warga saat ini, sehingga kami Pemerintah Daerah Parimo berinisiatif di dalam menyambut HUT Ke 75 RI untuk menggelar Lomba Memanah Ikan,” kata Bupati Parimo Samsurizal Tombolotutu di hadapan Kepala OPD Parimo seusai Open House di Desa Siney, Sabtu 1 Agustus 2020.

Lanjut Samsurizal, melalui lomba memanah ikan tersebut dapat melestarikan kembali budaya klasik di Parigi Moutong.

“Karena lomba memanah ikan perlu dimunculkan kembali. Sebab, hal itu bagian dari tradisi nelayan orang tua pada dahulu kala. Selain mencari bakat, kegiatan itu juga bertujuan sebagai hiburan warga,” terang Samsurizal.

Samsurizal menambahkan, bahwa kegiatan itu bertujuan mencari bakat, juga sebagai hiburan bagi seluruh warga di Parigi Moutong.

“Kami mengevaluasi kegiatan itu agar bisa dipertahankan untuk event tahun mendatang. Karena tradisi memanah ikan layak dilestarikan dan kegiatan itu bagian dari potensi pariwisata di Parigi Moutong,” tutur Samsurizal.

Reporter: Zulfikar
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas