Home Palu

Polres Palu Berbagi Daging Kurban dengan Warga Salena

35
PEMOTONGAN HEWAN KURBAN - Kapolres Palu, AKBP H.Moch Sholeh ,SIK.SH.MH (memegang tongkat komando), saat menyaksikan pemotongan hewan kurban sumbangan Polres Palu di Dusun Salena, Kelurahan Buluri, Kecamatan Ulujadi, Sabtu, 1 Agustus 2020. (Foto: Metrosulawesi/ Djunaedi)

Palu, Metrosulawesi.id – Sebanyak 14 ekor hewan kurban telah disiapkan Polres Palu untuk disembelih memperingati Hari Raya Idul Adha 1441 H tahun ini, yang terdiri dari  10 ekor sapi dan 4 ekor kambing. Kapolres Palu AKBP H.Moch Sholeh ,SIK.SH.MH mengatakan, hewan kurban itu setelah disembelih langsung dibagikan kepada yang berhak menerima.

“Makna kurban adalah berbagai terhadap sesama. Kurban ini mengajak untuk berbagi kepada yang membutuhkan,” terangnya.

Menurutnya, Hari Raya Idul Adha kali ini berbeda dari biasanya, karena masih masa pandemi wabah virus corona di mayoritas wilayah Indonesia.

“Untuk pelaksanaan penyembelihan hewan kurban mengutamakan protokol kesehatan dan menjaga jarak,” kata Kapolres Moch Sholeh.

Selain itu, kata Perwira Menengah (Pamen) Dua Melati di pundaknya tersebut pembagian daging hewan kurban diatur sebaik mungkin serta menerapkan protokol kesehatan. “Pembagian daging kurban diimbau tidak bergerombol. Bisa juga diatur menggunakan kupon. Tujuannya supaya tidak timbul klaster baru,” bebernya gamblang.

Pada Idul Kurban tahun ini, Kepolisian Resor (Polres) Palu beserta jajaran berbagi satu ekor hewan qurban sapi kepada warga Dusun Salena, Kelurahan Buluri, Kecamatan Ulujadi, Kota Palu, Sabtu, 1 Agustus 2020.

Penyerahan satu ekor sapi untuk kurban itu diserahkan langsung oleh Kapolres Palu, AKBP Moch Sholeh SIK, yang didampingi Ketua Bhayangkari Polres Palu, Ira Sholeh, serta Kapolsek Palu Barat IPTU Umar, dan para pejabat utama Polres Polres Palu, dan di terima langsung oleh Tokoh Agama Dusun Salena  bersama warga.

“Pemberian hewan kurban ini merupakan ibadah dalam rangka Idul Adha, serta untuk mempererat hubungan silaturahmi antara pihak Polres Palu dengan masyarakat, khususnya warga Dusun Salena, Kota Palu,” ucapnya.

Diketahui bahwa masyarakat Dusun Salena tergolong warga kurang mampu, sehingga dengan perayaan kurban saat ini masyarakat di Salena juga bisa merasakan nikmatnya berkurban.

Selain pemberian satu ekor sapi itu, rombongan Kapolres Palu juga membagikan 40 paket daging kurban yang sudah di kemas kepada sejumlah warga, dengan cara mendatangi rumah warga yang layak mendapatkan.

“Pembagian daging kurban yang diberikan kepada yang berhak dan tersampaikan secara door to door untuk masyarakat yang terdampak Covid-19,” ujarnya. “Tetap harus bersyukur menyambut Idul Adha di tengah Pandemi Covid-19,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu Kapolres Moch. Sholeh juga meminta kepada warga, bila ada anggotanya yang membutuhkan bantuan, tolong dibantu, sebab masyarakat juga harus membantu peran kepolisian.

“Saat sinergitas ini terbangun dengan baik, tentunya keamanan dan ketertiban bisa terjaga,” ujarnya.

Sementara itu, Maelai, warga Dusun Salena, kepada wartawan Metrosulawesi mengatakan, dirinya bersama dengan warga lainnya bersyukur telah mendapatkan pemberian satu ekor sapi untuk diqurbankan.

“Terima kasih kepada Bapak Polis, sudah bagikan kami daging sapi,” ucapnya.

Reporter: Djunaedi
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas