Home Politik

Refocusing Anggaran, Pendapatan Anjlok

48
KOMISI 2 - Anjloknya realisasi pendapatan dan belanja daerah semester pertama tahun 2020, Komisi II DPRD Sulteng langsung memanggil Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) serta Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sulteng untuk mendengarkan penjelasan pada Kamis 30 Juli 2020. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Menyusul rapat paripurna penyampaian nota pengantar Kebijakan Umum APBD dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) oleh wakil Gubernur Sulteng, Rusi Baco Dg Palabbi beberapa hari lalu, Komisi II DPRD Sulteng yang membidangi ekonomi dan keuangan langsung menggelar rapat bersama dengan mitra kerja masing-masing Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) serta Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Sulteng, khususnya menyangkut realisasi APBD 2020 pada semester I.

Rapat yang laksanakan di ruang Baruga DPRD Sulteng, Kamis 30 Juli 2020, dipimpin Wakil Ketua Komisi II, Moh Nur Dg Rahmatu, dihadiri sejumlah anggota Komisi II yakni H Zainal Daud, Yahdi Basma, H Suryanto, Elisa Bunga Allo dan HM Tahir H Siri.

Dalam pertemuan itu, komisi II membedah anjloknya realisasi pendapatan yang baru mencapai 40,52% dan realisasi belanja baru mencapai 27,38%.

Dihadapan komisi II, Kepala Bapenda Sulteng, Abdul Wahab mengatakan, pada dasarnya jajaran Pemprov Sulteng sudah bekerja maksimal, namun merebaknya Covid-19 dan refocusing anggaran membuat realisasi pendapatan baru mencapai 40,52%.

Hal senada juga disampaikan Kepala BPKAD Sulteng, Bahran, perubahan sejumlah aturan dan kebijakan juga membuat realisasi di semester pertama tahun 2020 tidak sesuai target.

Menanggapi penjelasan dari BPKAD dan Bapenda, Komisi II meminta agar dengan sisa waktu yang ada, baik belanja maupun pendapatan dapat digenjot sehingga realisasinya bisa mencapai target. “Minimal mendekati targetlah,” kata Nur Rahmatu.

Rapat ini akhirnya ditutup dengan meminta rincian tertulis anggaran dan realisasinya. (*)

Reporter: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas