Home Politik

Survei SMRC, Pilkada Sigi Masih Milik Petahana

140
ILUSTRASI - Bakal calon Bupati Sigi pada Pilkada Desember 2020 (Foto: Ist)

Sigi, Metrosulawesi.id Elektabilitas bakal pasangan calon (bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Sigi, Muhammad Irwan-Samuel Yansen Pongi, terus melejit. Release  hasil survei  lembaga survei Saiful Mujani Research Consulting (SMRC), Senin, 27 Juli 2020.

Muhammad Irwan- Samuel Pongi atau petahana dalam Pilkada Sigi 2020 unggul di masing-masing daerah pemilihan (Dapil) sebesar 56 persen atau di posisi teratas dari tiga bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Sigi.

Pasangan Husen Habibu-Paulina berada di posisi kedua dengan 19,3 persen. Sedangkan pasangan Ilyas Nawawi-Uhut Hutapea berada di posisi ketiga dengan 5,8 persen. Dan 18,9 persen belum menentukan pilihan.

Konsultan SMRC, Rudi Kartasasmita, mengatakan, dukungan masyarakat terhadap Muhammad Irwan – Samuel dalam beberapa bulan terakhir terus naik.

“Dapil Kulawi Raya, mutlak dimenangkan  petahana,” ujarnya melalui pesan Whatsapp,

Rudi menjelaskan, naiknya tingkat elektabilitas Mohammad Irwan-Samuel karena  tingkat kesukaan masyarakat terhadap kinerja Bupati Mohammad Irwan yang sangat intens bertatap muka dengan masyarakat.

“Meski elektabilitas di posisi teratas masih perlu juga usaha keras untuk menambah perolehan suara yang signifikan,” katanya

Menurutnya, peluang petahan Mohamad Irwan memenangi pemilihan kepala daerah sangat besar dan masih terbuka lebar. Penyebabnya, pasangan Irwan-Samuel masih memiliki waktu sekitar tiga  bulan untuk kampanye dan meningkatkan elektabilitasnya. (*)

Reporter: Ariston Aporema Sorisi

Ayo tulis komentar cerdas