Home Ekonomi

Taspen Minta ASN Pra Pensiun Lengkapi Administrasi

130
Pelayanan di kantor Taspen Cabang Palu. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – PT Tabungan Asuransi dan Pensiun (Taspen) Cabang Palu meminta kepada ASN yang telah memasuki masa pensiun agar segera melengkapi semua persyaratan Administrasi.

Layanan dan Manfaat PT Taspen Cabang Palu, Riyan Hidayat menjelaskan para ASN perlu mempersiapkan dokumen sebagai syarat agar insentif bulanan dapat diterima. Dimana persyaratan itu antara lain kartu NPWP, Kartu Pegawai semasa menjadi ASN, surat penghentian pembayaran dari instansi pemerintah, Surat Keputusan (SK) Pensiun, dan KTP.

“Setelah melengkapi kelima persyaratan tersebut, pensiunan dapat langsung membawanya ke cabang Taspen yang sesuai dengan domisilinya. Kelengkapan persyaratan itu penting, jika salah satu belum lengkap uang insentif akan tertunda hingga dokumen lengkap,” jelasnya, Jumat, (25/7/2020).

Jangan khawatir, kata dia, insentif yang tertunda akan dibayarkan sekaligus bila persyaratan telah lengkap. Proses pengurusan pun tidaklah memakan waktu lama. Asalkan, dokumen lengkap kemudian Taspen akan memberikan Kartu Identitas Pensiun (Karip) selama kurang lebih tujuh hari.

“Kalau ASN sudah melakukan pengurusan SK di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan syarat lainnya sudah terpenuhi terkait beberapa bulan memasuki masa pensiun, otomatis kami dari Taspen akan segera mencarikan dana tersebut,” katanya.

Begitupun dengan Tunjangan, ia mengungkapkan ini berdasarkan peraturan pemerintah nomor 29 tahun 2001 yang menyatakan salah satu pasal 12 ayat 5 tentang, apabila suami maupun istri anggota POLRI atau TNI berkedudukan sebagai PNS, maka tunjangan keluarga diberikan kepada yang mempunyai gaji pokok lebih tinggi.

“Artinya, baik TNI, Polri dan PNS tidak boleh saling tunjang, harus salah satu dari mereka yang menanggung karena ini sesuai aturan yang berlaku dari pemerintah, dan dapat dipastikan ini tidak boleh terjadi, ” ungkapnya.

Sementara itu, hampir setiap bulan jumlah data ASN pra pensiun di Sulawesi Tengah yang masuk ke Taspen Cabang Palu kurang lebih ada sekitar 50-100 orang.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas