Home Banggai Kepulauan

Pembangunan Pelabuhan Kota Salakan Mulai Digarap

52
Pelabuhan Kota Salakan. (Foto: Metrosulawesi/ Rifan Touk)

Bangkep, Metrosulawesi.id Rencana pembangunan pelabuhan regional-nasional Kota Salakan mulai digarap Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep). Rencana itu diawali dengan rapat virtual (vidcom) yang akan digelar Pemda Bangkep, selasa (28/7/2020).

Kepala Dinas Perhubungan Bangkep,  Suripto Nurdin. mengatakan, dalam rapat yang akan dipimpin Bupati Bangkep, Rais Adam, Pemda Bangkep telah melayangkan undangan ke sejumlah pihak terkait, baik pemerintah pusat, propinsi, dan daerah.

“Jadi, sebelumnya pemda telah mengundang sejumlah pihak, termasuk Kementrian Perhubungan, Dinas Perhubungan Propinsi, anggota DPR RI dari Sulawesi Tengah, Ahmad M. Ali, dan Muhidin” jelas  Nurdin, Senin  (27/7/2020).

Nurdin mengungkapkan, proyeksi pembangunan Pelabuhan Salakan sejak awal telah diseriusi pemerintah daerah. Tapi karena terhambat pandemic, sehingga  rencana itu kembali diangkat sesuai dengan amanat Gubernur Sulawesi Tengah, saat pelantikan bupati kemarin.

Olehnya itu, Nurdin menjelaskan, tujuan utama pertemuan tersebut adalah untuk membahas kelanjutan pembangunan pelabuhan di Kota Salakan. Pelabuhan yang rencana akan dibangun  yaitu pelabuhan regional-nasional.

“Sehingga instansi pusat, sejumlah OPD  akan turut hadir dalam vidcon itu, diantaranya, Bappeda, DLH, Dinas PU, dan pihak terkait lainnya. Dan sore ini kita akan rapat untuk persiapannya” tandas Nurdin.

Sementara itu, secara terpisah, Wakil Ketua Komisi III DPRD Bangkep Hatta Mayuna, secara tegas mengingatkan, agar perencanaan pembangunan pelabuhan tersebut benar-benar direalisasi, bukan hanya sebatas rencana.

“Kkalau memang ada rencana seperti itu, sangat bagus. Dan DPRD tentu akan mendukung. Tapi jangan hanya sebatas rencana, harus direalisasi” tutup Hatta. (*)

Reporter: Rifan Touk

Ayo tulis komentar cerdas