Home Donggala

Kasman: Pemda Akan Urus Dion sampai Sembuh

54
Kasman Lassa. (Foto: Metrosulawesi/ Tamsyir Ramli)

Donggala, Metrosulawesi.id – Bupati Donggala, Kasman Lassa menegaskan akan memperhatikan kondisi kesehatan Dion, remaja 15 tahun yang sekarang dirawat di Rumah Sakit Kabelota Donggala karena menderita kusta.

“Berita Dion terlalu “digoreng-goreng”, seolah-olah pemerintah tutup mata terhadap persoalan ini. Dion memang tinggal dekat sini tak jauh dari kebun kelor saya. Sekali lagi saya tegaskan Pemda akan memperhatikan kondisi kesehatan warga dusun Batu putih sampai sembuh benar,” kata Bupati Kasman kepada wartawan, Sabtu 25 Juli 2020.

Kasman menjelaskan, jika dikatakan Pemda tutup mata terhadap masyarakatnya yang terkena musibah penyakit, itu keliru. Sebab, katanya, usaha Pemda dalam memberikan jaminan kesehatan sudah dilakukan jauh sebelum kasus Dion merebak dan viral. Contoh Pemda telah berhasil membantu anak tanpa anus di Balaesang mengawal proses penyembuhan hingga di Kota Makassar.

“Pemda akan selalu siap membantu masyarakatnya yang membutuhkan bantuan pengobatan. Anak di Balaesang, Pemda lakukan pengobatan sampai ke Makassar. Hal ini juga berlaku pada Dion. Jika memang nantinya dokter yang merawatnya meminta rujukan, Pemda siap. Dirujuk ke Palu atau Makassar. Intinya Dion harus sembuh dari sakitnya,” tegasnya.

Ia menambahkan yang perlu diketahui khalayak umum adalah proses administrasi pemerintahan dalam membantu pelayanan kesehatan bagi masyarakat kurang mampu dibutuhkan kerja berkesinambungan yang dimulai dari tingkat Desa/kelurahan.

“Karena menyangkut uang negara jadi proses administrasi harus tertib. Awalnya pemerintah desa/kelurahan kemudian naik ke kecamatan, terakhir Dinas Kesehatan sebagai pemegang anggaran,” pungkasnya.

Seperti diberitakan, Dion adalah anak yatim piatu. Ayah dan ibunya sudah meninggal. Dia tinggal sendiri di sebuah pondok tidak jauh dari kebun kelor milik Bupati Donggala di Dusun Batuh Putih Kelurahan Ganti, Kecamatan Banawa, Donggala.

Selama tinggal di Pondok, dia dirawat hanya dirawat oleh Anton. Anton lah yang selalu memberikan kebutuhan hidupnya. Sudah lama Anton ingin membawa Dion ke rumah sakit, tapi terkendala dana.

Kondisi yang dialami Dion ini akhirnya sampai di telinga Wakil Ketua Umum DPP Partai Nasdem, Ahmad M Ali di Jakarta. Wakil rakyat dapil Sulteng itu pun akhirnya memerintahkan pengurus DPD Nasdem Donggala untuk membantu Dion.

“Tolong diurus, karena saya terus terang sedih dan marah kalau melihat masih ada orang di sekeliling kita seperti itu. Pada hal, kekuasaan di tangan kita,” tulis Ahmad Ali melalui pesan WhatsAppnya.

Mendapat arahan seperti itu, sontak saja seluruh kader Nasdem bersolidaritas mengumpulkan sejumlah dana dan menghubungi pihak keluarga untuk persiapan penanganan perawatan di Rumah Sakit Kabelota.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas