Home Palu

Guru Wajib Kunjungi Rumah Siswa

38
Ansyar Sutiadi. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, H. Ansyar Sutiadi, mengaku telah menginstruksikan kepada sejumlah guru agar wajib mengunjungi para peserta didik yang tidak memiliki fasilitas android atau sarana lainnya.

“Kami berharap para guru kunjungi rumah siswa yang tidak bisa mengikuti pembelajaran secara daring (online), karena disebabkan tidak ada fasiltias pendukung. Kami meminta guru memberikan pembelajaran secara manual, sehingga siswa yang tidak memiliki fasilitas itu tetap belajar,” kata Ansyar, melalui ponselnya, belum lama ini. 

Kata Ansyar, jika siswa tidak bisa belajar daring, maka masih bisa luring, kemudian jika tidak bisa luring juga disebabkan karena tidak punya sarana maka bisa manual.

“Siswa yang belajar manual akan diberikan modul materi atau bahan pembelajaran, yang tentunya dapat dimengerti oleh siswa tersebut,” ujarnya. 

Ansyar mengatakan, sekolah saat ini dapat memanfaatkan dana BOS reguler untuk mendukung kelancaran pembelajaran dari rumah selama masa pandemi.

“Kami berharap guru dapat melakukan penyederhanaan materi, agar para peserta didik lebih mampu memahami materi ketika belajar dari rumah,” ungkapnya.

Ansyar mengatakan, dana Bos ini bisa digunakan untuk membeli pulsa data dan biaya transportasi guru dalam melakukan tugasnya, sehingga  tidak ada alasan guru untuk tidak melaksanakan tugasnya karena sudah dibiayai.

“Untuk itu saya mengimbau kepala sekolah harus proaktif dalam melakukan monitoring kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran secara daring maupun luring, ataupun manual,” katanya.

Selain itu, Ansyar juga mengimbau para orang tua untuk dapat bekerjasama dalam mengawasi anaknya saat melaksanakan pembelajaran dari rumah.

“Tolong para Kepsek melakukan pembinaan pengawasan terhadap proses belajar dari rumah ini, yang pertama pemetaan dulu kemampuan sarana prasarana, penyiapan materi, evaluasi, dan memastikan bahwa terlaksana kunjungan guru dan komunikasi guru,” ujarnya.

Orang tua pun, kata Ansyar, diharapkan ikut serta mengawasi dan membina anaknya dalam proses belajar di rumah.

“Untuk peserta didik kami berharap meskipun belajar dari rumah menggunakan motode apapun agar selalu fokus belajar,” ungkapnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas