Home Poso

Gubernur Tinjau Sejumlah Lokasi Banjir

32
TURUN LAPANGAN - Gubernur Sulteng, Drs H Longki Djangola MSi (tengah) melihat langsung lokasi titik banjir yang menyebabkan ruas jalan Desa Gintu dan Lengke rusak, Jumat 24 Juli 2020. (Foto: Humas Pemprov Sulteng)

Palu, Metrosulawesi.id – Gubernur Sulteng, Drs H Longki Djanggola MSi dan rombongan mengunjungi Lembah Bada di Kabupaten Poso, Jumat 24 Juli 2020. Didampingi Bupati Poso, Darmin Sigilipu, Gubernur Longki melihatkan langsung beberapa titik lokasi banjir.

Kunjungan pertama, Gubernur melihat lokasi banjir pertemuan antara Sungai Lariang dan Sungai Malei. Akibat pertemuan dua sungai itu menyebabkan ruas jalan Desa Gintu dan Lengke rusak. Pada kesempatan itu, gubernur meminta OPD terkait untuk menangani pengendalian sungai tersebut.

“Saya minta supaya pihak BWS dapat bertemu saya, membicarakan hal ini. Saya tidak mau karena sungai tidak terkendali setiap tahun jalan ini harus kita perbaiki,” kata gubernur.

Selanjutnya Gubernur didampingi Bupati Poso, meninjau hulu sungai Halu Banua yang menyebabkan banjir bandang di Desa Lengkeka. Termasuk meninjau  Intake  SPAM, untuk sumber Air Bersih untuk Desa Lengkeka Kecamatan Lore Barat. 

“Gubernur meminta agar sungai ini segera dikendalikan kalau tidak pasti akan tetap membuat dampak banjir, dan tidak merusak Intake SPAM yang ada,” kata Gubernur Longki.

Gubernur dan rombongan juga meninjau SPAM Desa Tuare, yang sebelumnya rusak karena bencana. Gubernur mengapresiasi bahwa SPAM itu sudah diperbaiki.

Sebelum kembali ke Palu, Gubernur dan rombongan sempat melakukan pertemuan dengan sejumlah tokoh adat Lembah Bada dan Desa Lengketa.

Pada kesempatan itu, gubernur meminta dukungan masyarakat agar terus memelihara  Hutan Lindung.

“Saya  mendengar masyarakat di sini patuh terhadap aturan karena tidak merusak Hutan Taman Nasional. Kita jaga keberadaan hutan ini dan terimakasih atas kepatuhan kita,” ujar Longki. (*)

Reporter: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas