Home Sulteng

Gubernur Tegaskan Komitmen Pembangunan HAM

35
RAKOR HAM - Pelaksanaan Rakor Secara Virtual Menuju Sulteng  Capaian Aksi dan Peduli HAM di ruang teleconference kantor gubernur, Rabu 22 Juli 2020. (Foto: Humas Pemprov Sulteng)

Palu, Metrosulawesi.id – Gubernur Sulteng H Longki Djanggola menegaskan Pemerintah Provinsi Sulteng terus berkomitmen serta bertanggung jawab dalam mewujudkan pembangunan di bidang Hak Asasi Manusia (HAM), sesuai Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (Ranham).

Gubernur mengatakan itu saat mengikuti Rakor Virtual Menuju Sulteng  Capaian Aksi dan Peduli HAM bersama Dirjen HAM Kementerian Hukum Dan HAM, Muslimin Abdi; Kepala Kanwil Hukum dan HAM Sulteng, Lilik sujadi; Karo Hukum Provinsi Sulteng, Yoppie, serta wali kota dan Bupati se Sulteng, Rabu 22 Juli 2020.

Gubernur meminta bupati dan wali kota dan instansi vertikal, lembaga, dan OPD daerah harus saling berkoordinasi, bersinergi, saling mendorong dan memotivasi untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, demi mewujudkan perlindungan dan pemenuhan HAM sehingga manfaatnya benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat.

Sementara itu, Dirjen HAM, Kementerian Hukum dan HAM, Muslimin Abdi mengharapkan kepada Gubernur agar nomenklatur Biro Hukum dapat diubah menjadi Biro Hukum dan HAM sehingga fungsi Biro Hukum dapat berperan di dalam peningkatan Ranham. 
Dia mengatakan, tahun 2019 Kabupaten Banggai, merupakan daerah yang paling peduli Ranham sehingga bupati Banggai pada waktu itu dapat mengikuti Sidang HAM PBB di Jenewa, Swiss. 

Untuk itu diharapkan kepada kabupaten dan kota atas dukungan gubernur dapat berperan aktif di dalam peningkatan Ranham di daerah masing masing. (*)

Reporter: Syahril Hantono

Ayo tulis komentar cerdas