Home Banggai Kepulauan

Dua Lagi Kasus Positif Covid-19 di Bangkep

82
Sumber: Tim gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bangkep.

Bangkep, Metrosulawesi.id Hanya berselang 43 hari setelah satu orang kasus positif dinyatakan sembuh dan dipulangkan, Tim gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) secara resmi, kembali merilis dua kasus konfirmasi positif Covif-19, Kamis (23/7/2020).

Dua kasus konfirmasi tersebut dirilis berdasarkan laporan hasil pemeriksaan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Dinas Kesehatan Propinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Rabu (22/7/2020).

Dari 11 sampel yang diperiksa menyatakan hasil dua sampel dari dua orang terkonfirmasi Sars-Cov Positif” tulis juru bicara tim gugus percepatan penanganan Covid-19 Bangkep, Arabia Thamrin, dalam akun Facebook warganet Bangkep yang disertai gambar berisi data Covid-19 Bangkep, tertanggal (23/7/2020),’’

Dijelaskan Arabia, dalam postingan di akun tersebut, kedua pasien masing-masing berasal wilayah Kecamatan Tinangkung dan Kecamatan Peling Tengah.

“Saat ini, tulis akun Warganet, keduanya masih dalam masa isolasi dan pemantauan petugas kesehatan” jelas Arabia.

Arabia  menambahkan, perlu disadari bahwa dimana dan kapan saja resiko penularan bisa saja terjadi. Untuk itu  semua perlu berhati-hati, jangan panik, patuhi anjuran pemerintah.

Dalam postingan itu juga ditulis, perubahan laporan harian akan disesuaikan sejak hari ini sesuai dengan Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19) revisi ke-5 per tanggal 13 Juli 2020.

Penggunaan istilah pada pedoman sebelumnya imbuh Arabia, yakni Orang Dalam Pemantauan (ODP),Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan Orang Tanpa Gejala (OTG) berubah menjadi Kasus Suspek, Kasus Probable, Kasus Konfirmasi dan Kontak Erat dimana masing-masing kriteria tersebut berdasarkan ada tidaknya gejala klinis

Untuk diketahui, berdasarkan laporan hasil Surveilans Ketat Covid-19 Bangkep, tertanggal, (23/7/2020), pukul 12.00, Update data pada hari ini terlapor kasus suspek 0 kasus, kasus Probable 0 kasus, dan kasus konfirmasi dua kasus. (*)

Reporter: Rifan Touk

Ayo tulis komentar cerdas