Home Banggai Kepulauan

Banjir di Manggalai, Warga Butuh Bantuan Pemda

55
Banjir melanda Desa Manggalai, Kecamatan Tinangkung, Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep). (Foto: Ist)

Bangkep, Metrosulawesi.id – Banjir yang merendam sekitar 50-an rumah di Desa Manggalai, Kecamatan Tinangkung, Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), Kamis (23/7/2020) pagi, membuat warga desa kesulitan memenuhi kebutuhan hidup.   

Salam Samporang, Ketua BPD setempat menjelaskan, tingginya intensitas hujan yang terjadi sejak Rabu hingga Kamis pagi, mengakibatkan air sungai yang berada di wilayah desa itu, meluap dan menggenangi pemukiman warga.

“Iya, hujan deras yang dari kemarin sampai tengah malam,  yang bikin air sungai meluap,’’ jelas Salam saat menemui sejumlah wartawan di kantor DPRD Bangkep, Kamis sore.

Puncak luapan sungai itu, imbuh Salam, terjadi sekitar pukul 02.oo Wita  dini hari. Ketinggian air maksimal setinggi pinggang orang dewasa. Akibatnya,  seluruh warga yang rumahnya terdampak air bah, saat itu juga langsung mengungsikan keluarga masing-masing ke tempat yang lebih aman.

“Jadi tengah malam itu, masing-masing warga  berusaha menyelematkan keluarganya. Sebagian besar dari keluarga korban banjir mengungsi di rumah keluarganya yang tidak terdampak”. urai  Salam

Selain BPBD Bangkep, jajaran Polsek Tinangkung yang mendapat laporan atas peristiwa tersebut, Kamis pagi  langsung bergegas mengunjungi lokasi banjir  dan memberikan bantuan berupa bahan makanan untuk korban.

Namun demikian, lanjut Salam, bantuan tersebut belum mencukupi kebutuhan keluarga korban selama beberapa hari ini. Sehingga dirinya terinisiatif untuk mencari bantuan langsung dari Pemerintah Daerah Bangkep yang ada di Salakan.

Dijelaskan, sejak siang tadi, air sudah mulai surut secara perlahan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta. (*)

Reporter: Rifan Touk

Ayo tulis komentar cerdas