Home Banggai

Lakukan Pencabulan, Pemuda Asal Moilong Diamankan

34
ILUSTRASI - Pelaku Kejahatan. (Foto: Dok. Djunaedi)

Banggai, Metrosulawesi.id – Kepolisian Sektor (Polsek) Toili, mengamankan seorang pemuda asal Moilong inisial ASB (20), yang merupakan tersangka kasus pencabulan terhadap seorang anak di bawah umur inisial MM(13), secara berulang.

Kapolsek Toili, IPTU Candra, dalam keteranganya Selasa 21 Juli 2020, mengatakan bahwa tersangka yang berinisial  ASB (20), berhasil diamankan pada  Kamis 16 Juli 2020, berdasarkan pengaduan orang tua korban di Mapolsek Toili nomor : LP/61/VII/2020/RES-BGI/SEK-TLI, tanggal 15 Juli 2020.

“Pelaku ditangkap di kediamannya tanpa perlawanan,” ungkap.

Dari hasil keterangan orang tua korban, kata Iptu Candra, tersangka telah melakukan aksi bejatnya itu berulang kali di tempat yang berbeda.

“Korban pertama kali melakukannya pada Juli 2020 sekitar jam 03.00 WITA di sebuah gubuk persawahan di kecamatan Moilong,” terangnya.

Kemudian, lanjut Iptu Candra, perbuatan yang kedua kalinya dilakukan pelaku terhadap korban yang baru lulus SD ini di dalam sebuah sekolah TK, perbuatan ke tiga dan ke empat serta ke lima dilakukan pelaku di salah di Kecamatan Toili.

“Jadi pelaku melakukannya sebanyak lima kali. Pelaku mengakui bahwa korban adalah pacarnya,” sebut mantan Kapolsek Batui ini.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku bakal dijerat dengan Pasal 81 ayat (1) UU 35/2014 tentang perubahan atas UU 23/2002 tentang Perlindungan Anak yang telah diubah dan ditambah dengan UU 17/2016 tentang penetapan Perppu 1/2016 tentang Perlindungan Anak.

“Pelaku terancam hukuman penjara maksimal 15 tahun dan denda paling banyak Rp5 Miliar,” tegasnya.

Reporter: Djunaedi

Ayo tulis komentar cerdas