Home Ekonomi

Klaim BPJamsostek Meningkat Drastis

Kepala BPJAMSOSTEK Kota Palu, La Uno saat memberikan penerangan. (Foto: Metrosulawesi/ Tahmil Burhanuddin)
  • Baru 12% Pekerja di Sulteng yang Terlindungi

Palu, Metrosulawesi.id – Menurut data Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Cabang Palu, hanya sekitar 12 persen tenaga kerja aktif di Sulawesi Tengah yang telah terdaftar sebagai peserta BPJamsostek.

Dari total jumlah tenaga kerja aktif sebanyak 1.486.561 orang (berdasarkan data angkatan kerja 2019) di Sulawesi Tengah, hanya 175,154 orang atau tepatnya 11,78 persen pekerja aktif yang sudah terjamin atau terlindungi melalui jaminan sosial di BPJamsostek.

Meski begitu, trend kepesertaan terus meningkat. Bukan hanya kepesertaan, klaim jaminan kepesertaan pun pada tahun ini meningkat drastis. Salah satu penyebab meningkatnya klaim adalah dampak pandemi virus corona (Covid-19) yang turut menghantam sektor bisnis dan industri.

Pembayaran manfaat atau jaminan BPJamsostek dalam bentuk klaim yang telah dibayarkan kepada peserta di Sulawesi Tengah selama periode Januari hingga Juni 2020 hampir mencapai Rp64 triliun, dengan total penerima manfaat sebanyak 8.986 orang.

“Di tahun 2020 dibanding 2019 itu trendnya naik. Banyak perusahaan yang tutup dan merumahkan tenaga kerja mereka,” ungkap Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Palu La Uno baru-baru ini.

Pihaknya pun berusaha memberikan pelayanan yang lebih baik untuk proses klaim jaminan kepesertaan. “Selama corona kami berusaha agar hak-hak peserta itu cepat diproses,” jelas dia.

Meskipun adanya pembatasan interaksi langsung, pihaknya tetap memaksimalkan layanan, terutama bagi peserta yang hendak mengklaim jaminan kepesrtaan akibat terdampak pandemi.

Kata dia, peserta bisa bisa klaim jaminan dari rumah menggunakan aplikasi. Bahkan, pihaknya juga menyiapkan perangkat komputer untuk konsumen yang datang ke kantor BPJamsostek. Komputer itu digunakan untuk berkomunikasi antara petugas atau pegawai BPJamsostek dengan konsumennya.

“PC itu untuk wawancara dengan customer, agar tidak ada interaksi langsung. BPJS Ketenagakerjan Cabang Palu menerapkan pelayanan Tanpa Kontak Fisik (LAPAK ASIK),” kata La Uno.

Dia pun berharap agar seluruh tenaga kerja di Sulawesi Tengah bisa terdaftar sebagai peserta BPJamsostek.

“Jaminan itu kebutuhan bagi pekerja,” tandasnya.

Menjelang Pilkada, pihaknya pun melakukan kerja sama dengan sejumlah lembaga terkait untuk mendaftarkan para petugas (pekerja sementara) yang akan terlibat langsung pada proses pilkada. Semisal, bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) maupun Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di tiap daerah.

Reporter: Tahmil Burhanuddin
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas