Home Sulteng

JR Siapkan Petugas Layanan Jemput Bola

31
Ilustrasi. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – PT Jasa Raharja Cabang Sulteng menyiapkan petugas mobile service untuk layanan jemput bola bagi korban kecelakaan lalu lintas (Lakalantas). Kepala Unit Operasional dan Humas Jasa Raharja Sulteng, Alwin Bahar menjelaskan petugas mobile service Jasa Raharja (JR) Sulteng rutin menjalin komunikasi dengan pihak rumah-rumah sakit dan jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas).

Tujuannya untuk mencari tahu informasi adanya kecelakaan lalu lintas (lakalantas) yang masuk perlindungan dasar sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 33 Tahun 1964 Tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang dan UU Nomor 34 Tahun 1964 Tentang Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.

“Petugas kami siap mendatangi korban lakalantas untuk membantu pengurusan administrasi penjaminan biaya perawatan,” ungkap Alwin, Kamis, 9 Juli 2020.

Untuk masyarakat di sekitar Kota Palu yang tidak bisa datang langsung ke kantor Jasa Raharja (JR) bisa menghubungi petugas mobile service atas nama Muhammad Hidayat di nomor 085299899666 atau telepon kantor JR 0451 8205600. Untuk kabupaten JR juga memiliki petugas yang siap membantu pengurusan santunan lakalantas.

Alwin mengatakan apabila korban lakalantas telah memiliki persyaratan yang diperlukan, JR langsung menerbitkan penjaminan biaya perawatan untuk korban luka-luka. Sementara bagi korban meninggal dunia, Jasa Raharja akan langsung melakukan transfer ke rekening ahli waris.

Sesuai amanat Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 15 tahun 2017 dan PMK Nomor 16/PMK.010/2017, bagi korban meninggal dunia, Jasa Raharja membayarkan hak santunan duka kepada ahli waris sebesar Rp50 juta.

Demikian pula untuk korban lakalantas dengan kondisi cacat tetap diberikan santunan sebesar Rp50 juta. Sementara korban luka-luka mendapat jaminan biaya perawatan rumah sakit maksimal Rp20 juta.

“Petugas mobile service Jasa Raharja dalam menjalankan tugas menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, penutup wajah plastik (face shield), dan sarung tangan, serta menjaga jarak aman (physical distancing),” ucap Alwin.

Layanan mobile service kembali rutin pasca pemberlakuan new normal atau kebiasaan hidup baru di tengah pandemi Covid-19. Tujuan layanan mobile service Jasa Raharja agar bisa dekat dengan keluarga korban lakalantas. Selain itu, lewat layanan mobile service, petugas akan memberikan kepastian jaminan biaya perawatan bagi korban luka-luka.

Reporter: Michael Simanjuntak

Ayo tulis komentar cerdas