Home Hukum & Kriminal

JPU Diberi Kesempatan Terakhir Ajukan Tuntutan

45
SIDANG LANGSUNG - Terdakwa Dino Febrian (baju putih) saat bersama majelis hakim dan JPU, melaksanakan pemeriksaan babuk di Kejari Palu. (Foto: Metrosulawesi/ Sudirman)
  • Sidang Perkara Dugaan Narkotika Terdakwa Dino Febrian

Palu, Metrosulawesi.id – Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Klas IA/PHI/ Tipikor Palu, memberikan kesempatan terakhir kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU), agar sedianya pada sidang pekan selanjutnya tuntutan pidana bagiĀ  terdakwa perkara dugaan tindak pidana narkotika yakni Dino Febrian, sudah harus siap untuk dibacakan.

Hal itu, ditegaskan Zaufi Amri SH selaku ketua majelis hakim, dalam sidang lanjutan perkara narkotika terdakwa Dino Febrian yang sempat dibuka namun hanya untuk menetapkan jadwal sidang kembali, pada Selasa 21 Juli 2020 kemarin.

“Untuk agenda tuntutan kita beri kesempatan terakhir pekan mendatang. Jika pekan mendatang tuntutan ternyata belum siap, sidang kita lanjutkan ke agenda selanjutnya dan kita anggap penuntut telah menggunakan haknya,” ungkap Zaufi Amri dengan tegas.

Kesempatan terakhir diberikan kepada JPU, karena agenda sidang pembacaan tuntutan terdakwa Dino Febrian telah dua kali tertunda dengan alasan yang sama yakni surat tuntutan belum siap. Dua kali penundaan itu, terjadi sejak majelis hakim menggelar sidang Pemeriksaan Setempat (PS) terhadap barang bukti (Babuk) dalam perkara ini, pada tanggal 8 Juli 2020 lalu.

“Jadi kembali ditunda karena, tuntutan dari kami belum siap, dan sedang dalam penyusunan. Insyaallah atas kesempatan yang diberikan itu, pekan mendatang tuntutannya sudah siap untuk dibacakan,” tandas Hamka SH, JPU dalam perkara ini.

Dino Febrian adalah terdakwa perkara narkotika jenis sabu seberat 1 kg lebih. Kasus ini terungkap sejak tahun 2018 silam. Namun terdakwa Dino Febrian kala itu, berstatu buronan dan baru berhasil diciduk di tahun 2020 ini. Sebelumnya perkara ini menjerat beberapa terdakwa yang proses hukumnya telah selesai disidangkan.

Reporter: Sudirman

Ayo tulis komentar cerdas