Fauzi Ferdiansyah. (Foto: Dok)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Palu, Fauzi Ferdiansyah, mengungkapkan dalam momentum Hari Raya Idul Adha akhir Juli mendatang, pengawasan tetap dilakukan secara rutin. BPOM Palu dikatakan tidak melakukan intensifikasi (peningkatan pengawasan).

“Kalau idul kurban tidak ada pemeriksaan khusus, cuma pengawasan rutin saja seperti biasa. Kami menilai momen-nya (Idul Adha) tidak ada peningkatan penjualan, khususnya kebutuhan pangan,” ungkap Fauzi, Selasa, 21 Juli 2020.

BPOM Palu kata Fauzi menetapkan intensifikasi pengawasan hanya tiga hari besar keagamaan yaitu Imlek, Idul Fitri, dan Natal Tahun Baru. Petugas BPOM Palu saat ini kembali turun langsung melakukan pengawasan ke lapangan pasca pemberlakuan new normal atau tatanan hidup baru.

“Kami sudah turun terus, hanya awal-awal sampai sekitar bulan Mei kita lakukan pengawasab secara daring (online),” ujar Fauzi.

Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Palu mengingatkan masyarakat agar teliti membeli kebutuhan ramadan dan lebaran Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah. Saat membeli suatu produk pangan kemasan, masyarakat harus teliti dengan cara cek Klik.

“Selalu ingat cek Klik yaitu cek kemasan, label, izin edar dan kedaluwarsa sebelum membeli atau mengonsumsi produk pangan,” ujar Kepala BPOM Palu Fauzi Ferdiansyah kepada Metrosulawesi, Selasa, 14 Mei 2019.

BPOM Palu juga terus mengingatkan masyarakat jangan mau membeli produk pangan dalam kondisi kemasan rusak. Sebab produk pangan dalam kondisi kemasan rusak mutunya tidak terjamin lagi.

Sebelum membeli produk harus Cek Klik yaitu cek kemasan, label, izin edar, dan tanggal kedaluwarsa. Mayarakat juga harus memastikan label dan izin edar produk pangan yang akan dibeli telah terdaftar.

Selanjutnya yang paling penting yaitu terkait kelayakan makanan yang akan dibeli mengacu dari masa kedaluwarsa. Menurut Fauzi, sangat penting memeriksa produk kemasan agar makanan yang dikonsumsi masyarakat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kami berharap masyarakat jangan sampai lupa melakukan Cek Klik saat membeli suatu produk,” tandasnya.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas