Home Banggai Kepulauan

SMKN 1 Tinangkung Siapkan Tenaga Terampil Otomotif

105
SMKN 1 Tinangkung. (Foto: Istimewa)
  • Jalin Kerjasama Dengan PT Toyota Hasrat Abadi

Bangkep, Metrosulawesi.id Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri I Tinangkung menjadi salah satu sekolah menengah di Banggai Kepulauan (Bangkep) yang secara serius akan menciptakan tenaga produktif di bidang otomotif. Tak tanggung-tanggung, SMK tersebut telah menggandeng sejumlah perusahaan besar termasuk PT. Toyota Hasrat Abadi.

Ditemui di ruang kerjanya, Senin (20/07/2020), Kepala SMK Negeri I Tinangkung, Hartanto, menuturkan,  kerja sama yang belum lama disepakati itu, merupakan upaya pihak sekolah untuk menciptakan tenaga kerja terampil, dan profesional di bidangnya masing-masing. Terutama untuk otomotif.

“Ya, jadi di tahun kemarin kami sudah membangun kerja sama dengan beberapa perusahaan otomotif di Luwuk, termasuk di antaranya PT. Hasrat Abadi yang bergerak di bidang penjualan dan servis produk Toyota. Tapi fokus kerja sama kami lebih condong ke servis,” jelas Hartanto.

Dikatakannya,  tahun depan pihaknya akan berupaya membuka servis perbengkelan kendaraan umum, khusus otomotif di lingkungan sekolah. Mengingat keterampilan dasar sejumlah siswa di sekolah itu, terutama siswa yang telah mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PKL) di perusahaan tersebut, sudah cukup mumpuni.

“Untuk tahap awal, para siswa  tentu akan ada pendampingan dari instruktur teknik resmi dari pihak perusahaan. Dan hal itu kami sudah komunikasikan dengan pihak perusahaan dan mereka siap untuk itu,” kata Hartanto.

Apalagi tahun ini, tambah Hartanto, sekolah yang dipimpinnya itu, akan mendapat tambahan fasilitas pendukung, berupa pembangunan tiga unit Ruang Praktek Siwa (RPS) yang dilengkapi dengan peralatan praktek di dalamnya. Tentu semua itu akan lebih mendukung peningkatan kualitas keterampilan siswa.

“Mungkin ini salah satu alasan, kenapa pendaftar baru tahun ini membludak sampai dua ratus orang lebih. Dan memang setiap tahunnya jumlah pendaftar terus meningkat setiap tahunnya. Sedangkan untuk rombel, semua telah memadai” tutup Hartanto.(*)

Reporter: Rifan Touk

Ayo tulis komentar cerdas