Home Hukum & Kriminal

Sidang Langsung Mulai Diberlakukan

36
Awaluddin Muhammad. (Foto: Istimewa)
  • Tetap Mengutamakan Protokoler Kesehatan

Palu, Metrosulawesi.id – Jika sebelumnya digelar secara virtual, mulai Senin, 20 Juli 2020 kemarin, pelaksanaan sidang Pidana Umum (Pidum) di Pengadilan Negeri (PN) Klas IA/PHI/Tipikor Palu telah dilaksanakan secara langsung. Terdakwa maupun saksi semua diperiksa kembali dipersidangan.

“Ini merupakan hasil koordinasi dan kesepakatan antara pihak Pengadilan dalam hal ini ketua pengadilan dan kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Palu,” ujar Kepala Seksi Pidana Umum (Kasipidum) Kejaksaan Negeri (Kejari) Palu, Awaluddin Muhammad SH, ditemui di PN Klas IA/PHI/Tipikor Palu, Senin 20 Juli 2020.

Katanya, jika sebelumnya sidang digelar secara online, kali ini sidang kembali seperti biasa digelar secara langsung. Hal ini dilaksanakan sedianya untuk efektifnya pemeriksaan perkara pidana  umum di persidangan.

 “Jadi ini juga tidak lain karena permintaan, agar supaya sidang itu berjalan efektif, dan tidak ada hak-hak dari para pihak yang terlewatkan, semuanya terpenuhi dengan puas. Karena digelar secara virtula kemarin, banyak masukan yang menyebutkan sidangnya tidak efektif,” terangnya lagi.

Dari itu, kata Awaluddin, mulai Senin 20 Juli 2020 kemarin, jajaran Kejari Palu yang bersidang di PN Palu telah hadir bersama para terdakwanya. Hanya seperti biasa, untuk terdakwa tetap dilakukan oleh penjemputan tim pengawal tahanan kejaksaan.

“Tentunya mulai hari ini juga penjemputan tahanan itu, sudah kami lengkapi dengan petugas bersenjata, yakni petugas dari Shabara Polres Palu. Sidang langsung di PN Palu juga karena melihat wilayah palu masih dalam zona hijau dari Covid 19, namun dalam prosesnya, protokol kesehatan tetap diterapkan, demi menjaga kesehatan bersama,” tandasnya.

Sementara itu Humas PN Klas IA/PHI/Tipikor Palu, Zaufi Amri SH, juga menegaskan demikian, bahwa mulai Senin 20 Juli 2020, sidang di PN Palu, mulai digelar langsung. Meski demikian, dalam proses sidang pengunjung tetap harus mengikuti protokol kesehatan dari pemerintah. Untuk itu, Pengadilan Negeri Palu, juga telah menyiapkan seperti tempat duduk pengunjung dengan penerapan jaga jarak, kemudian air untuk mencuci tangan di pintu masuk termasuk petugas yang melakukan pemeriksaan menggunakan alat termogran.

“Jadi semua itu, demi efektifnya pelayanan persidangan. Sidang langsung yang kembali diterapkan ini, tentunya tetap  mengedepankan protokoler kesehatan dari Pemerintah, guna tetap terjaga dari penyebaran wabah Covid-19,” tandas Zaufi.

Reporter: Sudirman

Ayo tulis komentar cerdas