Home Ekonomi

KUR BRI Palu Tumbuh Positif

78
Ekwan Darmawan. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)
  • Mei-Juni

Palu, Metrosulawesi.id – Meski sempat mengalami penurunan di bulan April akibat adanya pandemi covid 19. Namun, memasuki Mei hingga Juni 2020 di periode semester I, terkait dana kredit usaha rakyat (KUR) mikro dan ritel milik PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Palu saat ini menunjukkan pertumbuhan yang positif.

Pimpian Bank BRI Cabang Palu, Ekwan Darmawan menjelaskan pencapaian yang diraih saat ini akan terus digenjot hingga akhir tahun dengan target realisasi penyaluran KUR sebesar Rp256 miliar. Sedangkan, posisi KUR di semester I sekitar Rp260 miliar atau melebih kuota.

“Januari sampai Maret penyaluran dana KUR masih naik, kecuali bulan April yang turun karena pada saat itu orang tidak memikirkan kredit dan kebanyakan mereka hanya mementingkan relaksasi bagaimana bisa bertahan, meski sudah melebih target realisasi KUR, tapi kuota masih ada,” jelasnya, Senin (20/7/2020).

Meskipun begitu, kata Ekwan, BRI tetap memberikan pelayanan kredit bagi nasabah KUR secara selektif.

“Sekarang pemerintah buat program untuk bank-bank yang bernaung di Himbara akan menyalurkan dalam bentuk kredit dengan bunga khusus. Kalau kami dari BRI ada program Kupedes Bangkit di sektor mikro dan KMK Tangguh di sisi Ritel, bisa dibilang hampir sama dengan KUR,” terangnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, hal tersebut dapat membantu dan mensukseskan program pemerintah terkait Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Diharapkan kondisi ini akan terus berlanjut sehingga ekspansi kredit dapat meningkat dan pemulihan ekonomi nasional dapat lebih cepat.

“Grafik pemulihan ekonomi masyarakat telah memperlihatkan cukup baik. Walaupun belum bisa dikatakan kembali ke posisi Maret,” sebutnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas