Home Palu

Jadwal UTBK Tahap Dua Akhir Juli

44
Yutdam Mudin. (Foto: Dok)
  • SBMPTN 2020

Palu, Metrosulawesi.id – Humas Pusat Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTPMT) Untad, Yutdam Mudin, mengungkapkan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) tahap dua dijadwalkan akhir Juli, tepatnya tanggal 28 atau 29.

“Tapi sampai sekarang peserta yang mau ikut ujian tahap dua di Universitas Tadulako (Untad) belum ada di aplikasi manajemen UTBK,” ungkap Yutdam kepada Metrosulawesi, Senim, 20 Juli 2020.

Dia mengatakan pendaftar UTBK SBMPTN di Untad telah mengikuti ujian pada tahap satu yang berlangsung sejak 5 sampai 12 Juli lalu. Peserta UTBK menggunakan 29 ruangan yang tersebar di empat lokasi yaitu 10 ruangan di Untad, 4 ruangan di SMKN 1 Palu, 9 ruangan di SMKN 2 Palu serta 6 ruangan di SMKN 3 Palu.

Per sesi UTBK diikuti 445 peserta dengan sebaran terdiri atas 170 peserta yang akan mengikuti UTBK di Untad, 60 peserta di SMKN 1 Palu, 135 peserta di SMKN 2 Palu, dan 90 di SMKN 3 Palu. Adapun peserta yang mungkin akan mengikuti UTBK tahap dua disebabkan berdasarkan permintaan relokasi tempat ujian ke kampus lain.

“Contohnya pendaftar dari Tolitoli, awalnya mau UTBK di Bali, tapi tidak bisa ke sana karena Covid, maka bisa dia mengusulkan melalui UTBK di Bali, untuk pindah di Untad. Tentu Untad akan terima sebagai peserta UTBK di tahap dua,” jelas Yutdam.

Contoh lain, ada peserta yangg tidak lolos di perbatasan saat pemeriksaan protokol Covid-19 dan bisa menunjukkan surat keterangan sakit terkait dengan Covid, akan dipindah tahap dua setelah mendapat persetujuan dari panitia LTMPT pusat.

Mekanisme relokasi peserta yang terkendala terkait Covid-19 yakni pusat UTBK harus mengisi usulan relokasi dalam pelaksanaan UTBK tahap dua. Pilihan usulan yaitu dalam lingkungan Pusat UTBK PTN sendiri atau direlokasi ke Pusat UTBK lain yang terdekat dengan lokasi peserta.

Usulan relokasi harus dilakukan melalui aplikasi pelaporan relokasi peserta yang telah dibuka kembali mulai 16 Juli 2020 pukul 08.00 WIB hingga tanggal 18 Juli 2020 pukul 16.00 WIB. Selanjutnya LTMPT akan melakukan relokasi peserta sesuai dengan usulan Pusat UTBK secara serentak pada sesi 28 atau 29 Juli 2020. Finalisasi keputusan relokasi dilakukan pada 19 Juli 2020 melalui rapat daring oleh LTMPT bersama dengan semua Ketua Pusat UTBK. Hasil keputusan relokasi tahap dua akan diumumkan di laman LTMPT agar peserta mencetak kartu peserta terbaru.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas