Home Politik

KPU Sigi Gelar Bimtek Pengelolaan Keuangan Tahapan Pemilihan Bupati-Wakil Bupati 2020

104
KPU Sigi menggelar bimtek pengelolaan keuangan tahapan pemilihan Bupati-Wakil Bupati 2020, yang dihadiri Sebanyak 60 orang menjadi peserta yaitu ketua PPK, sekretaris PPK dan dua staf sekretariat PPK se Kabupaten Sigi. (Foto: Ist/ KPU Sigi)

Sigi, Metrosulawesi.id – Bertempat di Rumah Makan Pemancingan Nagaya, Desa Kotapulu, Kabupaten Sigi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sigi  menggelar bimbingan teknis (bimtek) Pengelolaan Keuangan Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020., Sabtu (18/07/2020).

Diikuti  60 orang menjadi peserta yaitu ketua PPK, sekretaris PPK dan dua staf sekretariat PPK se Kabupaten Sigi, Bimtek dibuka langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Sigi, Hairil.

Dalam sambutannya, Hairil mengatakan pentingnya Bimtek pengelolaan Keuangan demi tertibnya administrasi laporan pertanggungjawaban pengguanaan anggaran di tingkat adhoc. 

“Karena sebagian besar dana pemilihan yang ada adalah peruntukannya di PPK dan PPS,PPDP dan KPPS. Olehnya, Sekretariat PPK dibutuhkan untuk membantu pengelolaan keuangan di tingkat kecamatan dan juga membantu PPK dalam melaksanakan tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sigi 2020,” kata Hairil.

Menurut Hairil, suksesnya pemilihan umum juga harus sukse dengan tertibnya administrasi pengelolaan laporan pertanggungjawaban keuangan.

“Besar harapan agar PPK dan Sekretariat PPK saling membantu dan menyamakan persepsi demi terlaksananya pesta demokrasi di Kabupaten Sigi dengan menjunjung tinggi Integritas, profesional dan independen,” tegas Hairil.

Pemateri bimtek dihadirkan yakni Sekretaris KPU Kabupaten Sigi, Moh.Taufik dan Kasubag Keuangan, Umum dan Logistik, Masdar. (Foto: Ist/ KPU Sigi)

Dalam bimtek itu dihadirkan dua orang pemateri  yakni Sekretaris KPU Kabupaten Sigi, Moh.Taufik dengan materi tentang tata kerja PPK dan sekretariat PPK pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sigi dan materi tata naskah dinas PPK dan PPS.

Sementara pemateri kedua adalah Kasubag Keuangan, Umum dan Logistik, Masdar, dengan materi tentang Tata Cara Pertanggungjawaban dan Penatausahaan Keuangan Badan Penyelenggara Pemilihan Adhoc ditingkat Sekretariat PPK Se Kabupaten Sigi pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sigi 2020.

Selain komisioner KPU Sigi dan Kasubag Keuangan Umum dan Logistik KPU Sigi, peserta juga menerima materi dari  Anggota KPU Prov Sulteng Sahran Raden, Pada bimtek tersebut Sahran membawakan  materi tentang SDM Berintegritas, dimana dalam penyelenggara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sigi, Badan Adhoc sebagai ujung tombak penegak demokrasi yang selalu mengedepankan sikap Jujur, Mandiri, Adil dan Akuntabel serta Profesional.

Bimtek itu dilaksanakan dengan dua jadwal yang dibagi menjadi dua  sesi dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Sesi pertama dimulai pada pukul 09.00 Wita, terdiri dari Kecamatan Sigi Biromaru, Kecamatan Dolo, Kecamatan Dolo Barat, Dolo Selatan, Kecamatan Tanambulava, Kecamatan Gumbasa, Kecmatan Marawola dan Kecamatan Kinovaro.

Sesi kedua dimulai pada Pukul 14.00 Wita, terdiri dari Kecamatan Pipikoro, Kulawi Selatan, Kecamatan Kulawi, Kecamatan Lindu, Kecamatan Palolo, Kecamatan Nokilalaki dan Kecamatan Marawola Barat. (*/is)

Ayo tulis komentar cerdas