Home Inspirasi

Dinamika di MAN 2 Palu Menjadikannya Penulis Buku

66
Abdurahman. (Foto: Istimewa)

NAMANYA Abdurahman, salah satu putra daerah yang lahir pada 31 Juli 2002, di Desa Kotapulu, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi, berhasil menulis buku yang berjudul “Putih Abu-Abu Penuh Pengalaman”.

Abdurahman, putra pertama dari Bapak Hairil, SH, yang bekerja sebagai Ketua KPU Kabupaten Sigi, dan Ibu Vera Mayasafitra, S.Pt, bekerja sebagai ASN di Staf Perencanaan Dinas Perkebunan Dan Peternakan Provinsi Sulteng, saat ini  tempat tinggalnya di jalan Habib Muhammad Aljufri, Desa Kotapulu, Kecamatan Dolo.

Abdurrahman menempuh pendidikan di SDN Inpres Kotapulu, melanjutkan pendidikan di MTs Alkhairaat Kalukubula, dan lulus dari MAN 2 Kota Palu pada 2020, yang merupakan angkatan pertama yang dinyatakan lulus tanpa mengikuti Ujian Nasional (UN) karena situasi dan kondisi merabaknya pendemi virus covid-19 di Indonesia.

Sewaktu di MAN 2 Kota Palu, Abdurahman, aktif sebagai Ketua Badan Eksekutif Siswa (BES/OSIS) dan juga aktif di salah satu organisasi yaitu Komunitas Dakwah Pelajar.

“Selama itu saya bersama teman-teman berhasil menyelenggarakan beberapa kegiatan yang cukup besar, salah satunya kegiatan Tabliq Akbar, dan juga bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi dalam penyelenggaraan beberapa kegiatan yang saya rintis selama di MAN 2 Kota Palu,” kata Abdurahman, melalui ponselnya, Minggu, 19 Juli 2020.

Dirinya mengaku, kerap diminta menjadi khatib pada saat pelaksanaan shalat Jumat. Terkadang diundang untuk menjadi Master Of Ceremoni (MC) di acara aqiqah, pesta perkawinan, kedukaan, serta tahlilan/taqziah.

“Bagi yang ingin komunikasi dengan penulis, silakan menghubungi melalui akun media sosial Facebook: Abdurahman, Instagram: @abdurahman_mills, dan Whatsapp: 082271035023,” katanya.

Menurutnya, buku yang ditulisnya sudah memiliki ISBN atau terdaftar di Perpustakaan Nasional dan sekarang masih dalam proses pencetakan oleh Penerbit Buku.

“Insyaallah setelah pencetakan selesai, buku ini akan segera di launching, dan Jika tidak ada halangan yang akan melaunching buku saya ini adalah Bupati Sigi,   Mohamad Irwan,” ujarnya.

Buku itu, kata Abdurahman, menceritakan sekilas tentang sejarah MAN 2 Palu, dan juga beberapa pengalaman-pengalamannya selama bersekolah di madrasah tersebut.  

“Begitu banyak pengalaman saya dapatkan selama di MAN 2 Palu, namun hanya ada beberapa saja pengalaman yang saya tulis di dalam buku ini, yaitu beberapa pengalaman yang saya anggap begitu luar biasa dan mungkin tidak semua yang seumuran dengan saya bisa mendapatkan pengalaman tersebut,” katanya.

“Saya berharap buku ini bisa memberikan inspirasi dan motivasi kepada siapa saja yang membacanya nanti. Saya juga berharap kepada semua adik-adik kelasku agar terus belajar dan juga bisa mendapat pengalaman seperti saya, sehingga pengalaman yang di dapat bisa memberikan pelajaran dan motivasi kepada diri kita,” ungkapnya.

Selain itu, Abdurahman juga mungucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Bupati Sigi dan Kepala MAN 2 Palu yang telah banyak memberikan dukungan dan dorongan, sehingga bersedia untuk memberikan kata pengantar di dalam buku tersebut.  (*)

Reporter: Moh. Fadel

Ayo tulis komentar cerdas