Home Palu

Pasien Positif Covid-19 Sisa Satu Orang

96
drg Herry Mulyadi. (Foto: Ist)
  • Kota Palu Diharap Zero Covid-19

Palu, Metrosulawesi.id – Plt Direktur Rumah Sakit Umum (RSU) Anutapura Palu, drg Herry Mulyadi, mengungkapkan, untuk saat ini pasien yang terkonfirmasi positif dan sedang dirawat di ruang isolasi tersisa satu orang.

“Pasien yang positif ini berinisial AZ, riwayat perjalanannya dari Makassar, dan hasil swab test ketiga kalinya masih dinyatakan terkonfirmasi positif,” kata Herry, saat dihubungi Metro Sulawesi, Jumat, 17 Juli 2020.

Menurut Herry, sekarang ini ada ketentuan baru dari Kemenkes RI dan WHO, bahwa kesembuhan seorang pasien yang terkonfirmasi positif ditandai dengan hanya sekali swab test negatif, itu sudah bisa dikatakan sembuh.

“Jadi sekarang ini tidak perlu lagi menunggu dua kali swab test, hanya satu kali swab itu sudah dinyatakan sembuh,” ungkapnya.

Herry berharap, jika tidak ada halangan, besok atau Senin hasil swab test AZ negatif, bisa dinyatakan Kota Palu zero dari Covid-19.    

“Kemudian dua Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang juga baru masuk kemarin, hasil swab testnya negatif, sehingga pihak rumah sakit merawat dua pasien itu di ruangan biasa, karena bukan Covid-19,” imbuhnya. Kata Herry, pasien AZ yang positif ini telah menjalani perawatan di RS selama dua minggu.

Hal senada disampaikan Koordinator Surveilans Satgas Covid-19 Kota Palu, dr Rohmat Yasin, bahwa  , jumlah warga Kota Palu yang positif virus corona atau Covid-19 tinggal satu orang.

“Sampai hari ini tidak ada laporan kasus baru Covid-19. Jadi yang terkonfirmasi positif tinggal satu kasus sedang dirawat di RS Anutapura Palu,” kata Rohmat, Kamis malam, 16 Juli 2020.

Kata dia, jumlah total pasien Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 40 orang dari total 44 kasus.

Dia menambahkan, untuk pelaku perjalanan, saat ini terdapat 18 kasus baru dan yang telah selesai dilakukan pemantauan sebanyak 3155.

“Untuk Orang Tanpa Gejala (OTG) hari ini tidak ada laporan kasus baru dan yang telah selesai dilakukan pemantauan ada 481 kasus. Sedangkan untuk kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) terdapat dua kasus baru berdasarkan laporan dari pos lapangan di pintu masuk Kota Palu dengan hasil rapid test reaktif. Keduanya telah dilakukan perawatan di pondok perawatan,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) juga terdapat dua kasus yang sedang dirawat di RS Anutapura Palu. Namun dari tes swab, hasilnya negative dan dinyatakan sembuh.

Rohmat menambahkan, untuk hasil screening di pos lapangan, masing-masing di Pantoloan sebanyak 55 kasus pelaku perjalanan, Tawaeli 75 kasus, Watusampu 215 kasus dan di Bandara SIS Aljufri sebanyak 82 pelaku perjalanan.

“Sedangkan informasi dari pondok perawatan OTG dan ODP Kota Palu, yang masih dirawat di Asrama Haji sebanyak enam orang, sedangkan di Rusunawa Pantoloan tidak ada,” tutupnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas