Home Hukum & Kriminal

Usai Bebas Asimilasi kembali Lakukan Pencurian

55
BERI KETERANGAN - Kapolres Morowali Utara AKBP Bagus Setiyawan,SIK, saat memberikan keterangan pers. (Foto: Polres Morowali Utara)

Morowali Utara, Metrosulawesi.id – Mendapatkan pembebasan melalui program asimilasi dan integrasi oleh Kementerian Kemenkumham beberapa bulan lalu, empat orang pria mantan Narapidana (Napi), kembali ditangkap pihak Kepolisian Resor (Polres) Morowali Utara, setelah beberapa kali melakukan aksi pencuraian dengan pemberatan (Curat).

Kapolres Morowali Utara AKBP Bagus Setiyawan,SIK, dalam keterangan Persnya Rabu 8 Juli 2020 mengatakan bahwa ke empat pria yang berinisial, SP (40), AL (24), ZA (24) dan FK (20), di amankan Tim Resmob Elang Tokala Satreskrim Polres Morowali Utara pada Jumat pekan kemarin.

Para tersangka ini terbukti melakukan aksi pencurian puluhan barang barang elektronik inventaris Gereja dan beberapa Sekolah, yang ada di wilayah Morowali Utara.

“ dalam penyelidikan para pelaku melakukan aksi curat atas lima laporan Polisi (LP), dengan TKP (Tempat Kejadian Perkara), SMU Negeri 1 Petasia, SMK Negeri 1 Mori Atas, SMU Negeri 1 Mori Atas, Gereja Bahtera Kasih Kolonodale dan SMP Negeri 1 Petasia,” ungkapnya.

“Barang bukti yang berhasil diamankan sebanyak 15 unit, yang terdiri dari laptop, perangkat komputer, keybord musik, sound system dan proyektor,” tambahnya.

AKBP Bagus Setiyawan juga menjelaskan bahwa para tersangka ini sebelum melakukan aksinya, terlebih dahulu melakukan survey mencari sekolah dan rumah ibadah yang sepi akibat pandemi COVID-19.Para pelaku melancarkan aksinya malam hari, dengan cara mencongkel daun jendela gedung menggunakan obeng.

“Masing-masing tersangka punya peran sebagai eksekutor, pengangkut barang, penyedia sarana prasana dan bertugas menjual barang curian,” ujarnya. 

“Satu orang pelaku AS masih dalam pengejaran, dan sudah masuk dalam Daftar Pencarian Orang(DPO), dan barang bukti lainnya masih dalam pengembangan,” tutupnya.

Reporter: Djunaedi
Editor: Sudirman

Ayo tulis komentar cerdas