Home Poso

Inspektorat Poso Periksa Proyek DLH

Abram Sigilipu. (Foto: Metrosulawesi/ Saiful Sulayapi)

Poso, Metrosulawesi.id – Tim Inspektorat Poso sedang memerika proyek pengolahan sampah di Dinas Lingkungsn Hidup (DLH) Poso tahun 2019. Selain soal administrasinya, pemeriksaan juga dilakukan dengan mengecek bukti fisik kegiatan di lapangan.

Tim pemeriksa Inspektorat bahkan mendatangi sejumlah bengkel las yang oleh DLH dilaporkan atau dipertanggungjawabkan sebagai penerima jasa pengelasan pembuatan bak dan kontainer sampah.

Inspektur Inspektorat Poso, Abram Sigilipu, S.Sos,MSi  kepada wartawan Rabu 8 Juli 2020 mengatakan pemeriksaan terhadap proyek pengolahan sampah di DLH tahun 2019 karena adanya dumas alias aduan masyarakat.

Salah satu bentuk aduan yang masuk yaitu adanya dugaan ketidaksesuaian laporan pertanggungjawaban kegiatan pembuatan kontainer sampah. Bengkel las yang dimasukan dalam pertanggungjawaban ternyata bukan bengkel las yang mengerjakan kegiatan pembuatan kontainer.  

“Tim masih bekerja. Hasil pemeriksaan nanti akan diekspose oleh tim,” ungkapnya.

Jika hasil ekspose pemeriksaan tim nanti ditemukan ada kesalahan, maka Inspektorat akan membuat rekomendasi kepada pihak DLH.

“Rekomendasinya bergantung pada hasil pemeriksaan. Kalau temuannya berupa kekurangan volume pekerjaan, tentu DLH harus memperbaiki untuk mencukupinya. Dan kalau temuannya menyangkut kerugian negara, tentu itu harus ada pengembalian ke kas negara,” jelas Abram. 

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Poso Murniati Putosi SP MSi belum berhasil dikonfirmasi.

Reporter: Saiful Sulayapi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas