Home Sulteng

Haris: Distribusi Blangko E-KTP Tuntas

96
Abd Haris Yotolembah. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – KepalaDinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Sulteng, Abd Haris Yotolembah, mengungkapkan pendistribusian 100 ribu keping blangko E-KTP sudah tuntas.

“Sudah kami distribusikan ke kabupaten/kota mulai Senin, 29 Juni lalu,” ungkap Haris di Palu, Senin, 6 Juli 2020.

Dia mengatakan tambahan blangko akan digunakan untuk mencetak E-KTP warga yang sudah melakukan perekaman/PRR (print ready record). Kebutuhan pencetakan PPR Disdukcapil kabupaten/kota se-Sulteng sekitar 75.000 keping.

Sisa blangko akan digunakan mengganti suket menjadi E-KTP demi kenyamanan warga untuk menyalurkan hak suara pada Pilkada serentak pada 9 Desember 2020. Dikatakan, secara regulasi, suket tetap bisa digunakan untuk keperluan pemilihan kepala daerah. Namun Disdukcapil se-Sulteng menarget semua warga yang memiliki hak pilih bisa menggunakan E-KTP.

“Kita sudah targetkan semua warga yang sudah bisa memilih harus pegang E-KTP,” ujar Haris.

Haris mengakui saat ini masih cukup banyak masyarakat yang masih memegang suket di kabupaten/kota. Data Disdukcapil Kota Palu, sepanjang tahun 2019 telah mengeluarkan suket sebanyak 18.847. Kepala Disdukcapil Kota Palu, Rosida Thalib, mengatakan, suket tersebut untuk memenuhi permintaan masyarakat terhadap E-KTP.

“Ribuan warga yang memiliki Suket itu merupakan warga yang E-KTPnya rusak, hilang, atau masyarakat yang baru menikah sehingga ada pergantian data, serta pindah,” kata Rosida di Palu, baru-baru ini.

Rosida mengatakan, Disdukcapil Palu juga sudah menargetkan semua warga memiliki E-KTP. Haris menambahkan Sulawesi Tengah masih memiliki jatah tambahan blangko sekitar 80.000 keping.

Haris juga berharap Disdukcapil kabupaten/kota bisa menuntaskan penggantian surat keterangan (suket) menjadi E-KTP (Kartu Tanda Penduduk Elektronik). Diketahui suket merupakan pengganti E-KTP yang diterbitkan Disdukcapil akibat keterbatasan blangko.

“Semoga tambahan blangko yang sudah didistribusikan bisa digunakan dengan sebaik-baiknya,” pungkas Haris.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas