Home Palu

Farida: Kami Tidak Main-Main Soal Zonasi

68
Farida Batjo. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)
  • PPDB SMPN 1 Palu

Palu, Metrosulawesi.id – Penerimaan Peserta Didik Baru di SMP Negeri 1 Palu saat ini telah memasuki tahapan verifikasi data. Kepala SMPN 1 Palu, Farida Batjo, mengatakan, verifikasi data tersebut akan dilakukan secara teliti, karena sistem zonasi sangat dikedepankan oleh sekolahnya. 

“Kami tidak main-main dengan sistem zonasi, bagi siswa yang tidak masuk zonasi kami tidak akan terima, jika memaksa silahkan menghadap ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, sebab kami telah komitmen dengan zonasi ini,” kata Farida, di ruang kerjanya, Senin, 6 Juli 2020

Menurutnya, PPDB di SMPN 1 Palu dilaksanakan secara full online, pendaftar dan panitia tidak ada saling ketemu. Hal itu diberlakukan untuk mencegah terjadinya kerumunan orang banyak dan meminimalisir terjadinya penularan Covid-19, sebab Kota Palu masih kategori zona merah.

“Pendaftar cukup dari rumah secara online, dengan melampirkan persyaratan yang ditentukan dengan di scan, kemudian selesai. Pendaftarannya sangat mudah, karena tinggal mengikuti petunjuk-petunjuk yang ada di website SMPN 1 Palu,” ujarnya.

Farida mengatakan, sesuai edaran, PPDB dimulai 17 Juni dan berakhir 4 Juli 2020, kemudian dilanjutkan pengembalian formulir dan pengumuman di 9 Juli.

“Untuk animo atau jumlah pendaftar ke SMPN 1 Palu cukup banyak sekitar 500 lebih, namun kami tetap mengimbau tidak bisa menerima semua, sebab sekolah lain masih ada yang membutuhkan, kami menerima sesuai kuota yang ditetapkan yakni 11 rombel,” katanya.

Kata Farida, pihaknya juga sudah menjelaskan kepada orang tua siswa, bahwa saat ini semua sekolah di Palu sama, tidak ada yang favorit, bahkan kualitasnya juga bagus. Sebab pemerintah Kota Palu melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sudah menyamaratakan semua sekolah dengan melengkapi sarana dan prasarananya.

“Verifikasi data ini kami lakukan dengan begitu hati-hati, sebab  PPDB secara online ini ada kelemahan dan kelebihannya, kalau kelemahannya, pendaftar dari luar zonasi juga masuk, padahal SMPN 1 Palu ini menerima siswa sesuai zonasi, tetapi kelebihannya, ternyata PPDB secara online itu lebih mudah dan efesien,” ujarnya.

Farida mengatakan, yang jelas semua itu akan dipetakan oleh Disdikbud Palu, dan tidak ada peserta didik yang tidak sekolah, semua akan mengenyam pendidikan.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas